Kamis 10 Nov 2022 09:34 WIB

Hasto Minta Kader Bersabar Soal Capres-Cawapres yang Diusung PDIP

Kader PDIP jangan ikut deklarasi dukungan bakal calon yang namanya sering muncul.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ratna Puspita
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta seluruh kader partai untuk tenang dan bersabar soal penetapan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Hasto mengingatkan, sesuai keputusan Kongres, penetapan capres dan cawapres adalah kewenangan dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

Ia tidak berharap kadernya ikut-ikutan mendeklarasikan dukungan terhadap bakal pasangan calon yang namanya sering muncul. "Kita tunggu dengan disiplin keputusan Ibu Ketua Umum terkait penetapan Capres dan Cawapres," ujarnya, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga

Hasto menambahkan, yang harus dilakukan kader saat ini adalah memperkuat konsolidasi, dan sering terjun ke bawah membantu rakyat. Dengan demikian, saat diumumkan, kader sudah siap membantu memenangkan Capres dan Cawapres yang diusung.

"Kita itu partai yang kenyang asam dan garam. Soal difitnah, dihujat, dikhianati itu sudah menjadi makanan sehari-hari. Saat ini kader lebih baik fokus. Soal capres-cawapres kita tunggu," kata Hasto.

Hasto berada di Surabaya untuk konsolidasi internal dengan 2.000-an kader partai dalam menyongsong Pemilu 2024. Karena itu, Hasto mengingatkan kader-kader banteng untuk terus menggelar konsolidasi yang menurutnya adalah nafas keseharian partai. 

Menyampaikan pesan Megawati, Hasto meminta pengurus partai untuk menyiapkan calon legislatif (caleg) dengan sebaiknya. "Setiap caleg harus dilihat rekam jejaknya, hasil psikotesnya, dan ditetapkan secara musyawarah mufakat," kata Hasto.

Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono melaporkan, kerja gotong royong seluruh elemen partai dalam skema tiga pilar terus dijalankan di Kota Pahlawan. Tiga pilar itu adalah para kader di seluruh struktur partai, legislatif dari kader partai, dan eksekutif dari kader partai.

"Dengan spirit tiga pilar itulah, gotong royong dijalankan untuk membersamai dan membantu rakyat dalam suka-duka," kata Adi.

Adi pun berterima kasih pada Hasto yang telah membakar semangat serta memberikan arahan-arahan strategis kepada kader PDIP Surabaya. "Apa yang disampaikan Pak Sekjen menjadi bekal yang luar biasa, melipatgandakan semangat kerja kerakyatan kita," ujar Adi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement