Kamis 10 Nov 2022 07:15 WIB

Epidemiolog: Masyarakat Perlu Kembali Peduli Gunakan Masker

Kewaspadaan terhadap Covid-19 subvarian Omicron XBB harus kembali ditingkatkan

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Lampung Ismen Mukhtar mengajak masyarakat untuk kembali peduli menggunakan masker guna mencegah perluasan dan penularan Covid-19 subvarian Omicron XBB.

"Dengan adanya beragam varian dan subvarian Covid-19 yang hadir diantara kita memang kewaspadaan harus kembali ditingkatkan," ujar Ismen Mukhtar saat dihubungi di Bandarlampung, Rabu (9/11/2022).

Ia mengatakan, untuk memberi perlindungan dari varian ataupun subvarian Covid-19 salah satunya XBB dapat dilakukan dengan kembali peduli menggunakan masker di ruang publik.

"Saya imbau masyarakat untuk peduli kembali menggunakan masker terutama saat sedang flu atau di tempat umum," katanya

Menurut dia langkah pencegahan tersebut harus terus dilakukan sebab infeksinya masih sama melalui saluran pernafasan dan gejalanya serupa pula, sehingga cara melindunginya pun serupa yakni melalui penggunaan masker.

"Jadi kalau banyak orang yang menggunakan masker potensi penularan akan jauh berkurang, dan hal ini yang saat ini mulai melemah jadi perlu ditingkatkan," tambahnya.

Dia menjelaskan, dengan mulai melemahnya penggunaan masker di tengah masyarakat, maka perlu kembali menggencarkan penggunaan masker salah satunya melalui edukasi.

"Edukasi dan kembali mengingatkan masyarakat ini yang harus terus dilakukan agar penggunaan masker bisa terus dilaksanakan oleh masyarakat, sehingga penularan tidak semakin meluas perekonomian tetap berjalan bersanding dengan kesehatan masyarakat yang terjaga," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement