Selasa 08 Nov 2022 22:08 WIB

Meski Sempat Mendung, Visual Gerhana Bulan Total Akhirnya Terlihat

Warga masih dapat menyaksikan proses gerhana hingga akhir fase penumbra.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN--Warga di Kabupaten Semarang akhirnya bisa menyaksikan fenomena astronomi gerhana matahari total, Selasa (8/11/2022) petang. Warga bisa melihat, meski visualisasinya sempat terhalang mendung, warga Ungaran

Visual bulan mulai terlihat dan tidak tertutup mendung saat gerhana sudah merlewati fase total pukul 18.09 WIB. Namun begitu warga masih dapat menyaksikan proses gerhana hingga akhir fase penumbra.

Baca Juga

Salah seorang warga, Nurfaiq (27), mengagatakan, hanya sempat menyaksikan proses fenomena astronomi ini setelah fase gerhana total terlewati hingga fase akhir gerhana.

Karena fase awal penumbra bulan tidak dapat terlihat secara visual, akibat tertutup oleh mendung dan awakn tebal. Selain itu pada awal fase gerhana posisi bulan juga belum terlihat tinggi.

Namun proses berikutnya tetap dapat diamati, karena mendung semakin malam semakin tipis bahkan visual bulan dapat terlihat secara utuh. "Untung meski sempat mendung tidak jadi hujan, jadi masih dapat melihat proses gerhana," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo, Ahmad Syifaul Anam mengatakan fase gerhana bulan total teramati dari Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo pada pukul 18.09 WIB.

Observasi gerhana bjlan total di Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo diikuti oleh kurang lebih 300 orang. Mereka terdiri atas: mahsiswa  pegawai, dan msyarakat umum.

Obsevrasi  diawali dg show di planetarium utk simulasi dan penjelasan gerhana bulan total, baik dari aspek visual, sains, agama dan mitos. Lalu dilanjutkan dengan observasi menggunakan empat teleskop.

"Menutup rangkaian kegiatan observasi ini dilaksanakan sholat gerhana, oleh seluruh peserta observasi di Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo," tambah Ahmad Syiaful.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement