Selasa 01 Nov 2022 15:40 WIB

Bangun Indonesia Sentris, Presiden Jokowi Dinilai Wujudkan Keadilan untuk Papua

Jokowi merupakan presiden sering ke Papua.

Pelajar SD mengibarkan bendera merah putih menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo yang melintas di jalan Kota Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021). Masyarakat Sorong antusias menyambut kedatangan Jokowi yang berkunjung ke Sorong dalam rangka kunjungan kerja
Foto: ANTARA/Olha Mulalinda
Pelajar SD mengibarkan bendera merah putih menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo yang melintas di jalan Kota Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021). Masyarakat Sorong antusias menyambut kedatangan Jokowi yang berkunjung ke Sorong dalam rangka kunjungan kerja

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Sejak pertama kali menjabat Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan seorang Presiden yang banyak berkunjung ke tanah Papua, tercatat kurang lebih telah 15 kali menginjakkan kakinya di Bumi Cendrawasih tersebut.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatian, keseriusan dan kecintaan pemerintah Jokowi terhadap masyarakat Papua untuk membangun berbagai infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua.

Baca Juga

Ketua Umum Rampai Nusantara (RN) Mardiansyah menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya perhatian besar terhadap pembangunan di wilayah timur Indonesia, termasuk Papua. 

"Sejak menjabat presiden, Pak Jokowi memiliki perhatian yang sangat besar pada pembangunan di Indonesia wilayah timur termasuk Papua," kata Mardiansyah, Selasa (1/11/2022).

Menurutnya, kebijakan pemerintah membangun Indonesia sentris sudah tepat, pembangunan tidak lagi hanya fokus di Jawa, melainkan juga ke seluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali wilayah Indonesia Timur.

Kebijakan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin terhadap pembangunan di wilayah timur Indonesia kata Mardiansyah sudah terbukti dan lebih baik.

"Kebijakan presiden tersebut sudah terlihat hasilnya, terutama infrastruktur di Papua saat ini yang sudah jauh lebih baik," ujarnya.

Mardiansyah juga memastikan bersama pengurus RN Papua terus mendukung kebijakan pembangunan infrastruktur Presiden Jokowi, lantaran hal tersebut demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Wilayah Indonesia Timur, khususnya tanah Papua, kata Mardiansyah memiliki sumber daya alam yang melimpah sudah seharusnya dimaksimalkan untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Papua.

"Rampai Nusantara di Tanah Papua memiliki semangat untuk bisa memastikan, mengawal dan mendorong keadilan dan kesejahteraan rakyat Papua," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo tercatat melakukan kunjungan kerja yang ke-15 kalinya ke Provinsi Papua selama menjabat. Terakhir Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Papua didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Pada bulan Agustus 2022.

Saat itu Presiden Jokowi meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Mantan Walikota Solo itu menyebut tanah Papua terkenal berhasil melahirkan banyak talenta sepak bola nasional seperti Boaz Salossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek dan lainnya.

“Tadi Pak Dirut (Dirut PT Frepoort) sudah menyampaikan Rully Nere, ada yang kenal? Kita ingat juga Yohanes Auri betul? Ada juga kita ingat Aples Tecuari, ada juga yang saya ingat Alexander Pulalo, ada juga Boaz Salossa, ada juga Elie Aiboy, kalau ke sini lagi ada Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya,” ujar Jokowi.

Selain meluncurkan PFA, Presiden Jokowi juga membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM agar menjaga daya beli masyarakat Papua tetap terjaga.

“Agar daya beli masyarakat, konsumsi masyarakat menjadi lebih baik,” ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement