Ahad 30 Oct 2022 18:01 WIB

Para Pemuda Merauke Juga Ikut Aksi Muda Jaga Iklim

Aksi Muda Jaga Iklim di Marekau dilakukan dengan melakukan bersih pantai.

Kegiatan bersih-bersih pantai Aksi Muda Jaga Iklim di Merauke Papua Selatan.
Foto: Aksi Muda Jaga Iklim Merauke
Kegiatan bersih-bersih pantai Aksi Muda Jaga Iklim di Merauke Papua Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE – Pantai Imbuti Lampu Satu Merauke menjadi salah satu titik kegiatan Aksi Muda Jaga Iklim. Total kegiatan secara nasional ada di 247 titik. “Sebagai anak muda yang ingin menyumbangkan semangat dan keprihatinan terhadap keadaan bumi, melalui aksi serentak Aksi Muda Jaga Iklim ini kami melakukan tindakan nyata dalam kerja sama dan kebersamaan,” ujar Koordinator Aksi Muda Jaga Iklim Merauke, Ewin Falufi Irianti, dalam rilisnya yang diterima Republika, Ahad (30/10).

Aksi yang dilakukan Sabtu (29/10) itu dilakukan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda. “Sumpah Pemuda bukan hanya perayaan tiap 28 Oktober. Sumpah Pemuda telah Lahir jauh sebelum adanya perayaan tahunan, sebab kemerdekaan atas diri sendiri telah lahir sedari kita mengenal kehidupan,” kata Ewin.

Di Merauke, aksi ini didukung oleh Explore Merauke, GMKI Merauke, PMKRI Merauke, Papua Paradise Center, Mapala Universitas Musamus Merauke, PMII Merauke. Ada pula Ikami Sulsel Cabang Merauke, OMK Kevikepan merauke, Ikatan Mahasiswa Boven Digoel, Darma Wanita Mitigasi, Lantamal XI, Dinas Lingkungan Hidup Merauke, PKK Merauke, dan beberapa lembaga sponsor.

Mereka melakukan aksi bersih-bersih pantai. Terkumpul 67 kantong sampah. Sampah logam dan aluminium mencapai 89 kilogram, sampah tekstil 67 kilogram, sampah punting rokok 12 kilogram, sampah lidi cilok lima kilogram, sampah lainnya 127,7 kilogram. “Harapannya, aksi ini tidak habis di perayaan Sumpah Pemuda saja, atau seremonial untuk Instastory maupun feed di media sosial,  akan tetapi juga harus menjadi aksi lanjutan menjaga lingkungan dan iklim di Kabupaten Merauke,” ujar Ewin.

Aksi Muda Jaga Iklim ini diadakan oleh komunitas Penjaga Laut bekerja sama dengan Yayasan Econusa dan berbagai pihak. Di Jabodetabek kegiatan diadakan di Tangerang Mangrove Center. "Tahun ini merupakan tahun kedua. Tahun lalu, kegiatan dari rencana semula cuma 76 titik lokasi, sesuai dengan tahun kemerdekaan kita, membengkak menjadi 142 titik lokasi dengan relawan hampir 8.000," kata Koordinator Nasional Penjaga Laut Yolanda Parede dalam paparan mengenai "Aksi Muda Jaga Iklim", Kamis (27/10).

photo
Kegiatan bersih-bersih pantai Aksi Muda Jaga Iklim di Merauke, Papua Selatan. - (Aksi Muda Jaga Iklim Merauke)

 

 

sumber : rilis
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement