Kamis 27 Oct 2022 18:51 WIB

Peringati Hari Listrik, Pemkot Sukabumi Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Pemkota Sukabumi juga akan melakukan pengadaan kendaraan listrik mulai tahun depan.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Kota Sukabumi kini memiliki tiga unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Keberadaanya dalam mendorong kehadiran mobil listrik di tengah masyarakat.
Foto: istimewa
Kota Sukabumi kini memiliki tiga unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Keberadaanya dalam mendorong kehadiran mobil listrik di tengah masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi kini memiliki tiga unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Keberadaanya dalam mendorong kehadiran mobil listrik di tengah masyarakat.

Peresmian SPKLU ini dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke 77 Tahun 2022 PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawat Barat di Gedung PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukabumi, Kamis (27/10/20222).

Baca Juga

Peluncuran SPKLU ini ditandai dengan pengisian listrik kepada kendaraan listrik melalui SPKLU dan test drive mobil listrik mengitari jalanan kota. '' Ketika telah diluncurkan tiga tempat SPKLU, memotivasi masyarakat mengubah kendaraan yang sifatnya gunakan BBM beralih menggunakan listrik,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di sela-sela peluncuran SPKLU.

Insya Allah kata Fahmi, pemda juga akan melakukan pengadaan kendaraan listrik mulai tahun depan. Hal ini sejalan dengan surat edaran pemerintah pusat bahwa pembelian kendaraan dinas harus kendaraan listrik dan tidak boleh tidak harus listrik.

Fahmi mengatakan, keberadaan SPKLU juga rencananya akan disediakan di perhotelan. Di mana pemda juga akan memberikan dukungannya.

Menurut Fahmi,aat ini tidak bisa dipungkiri masuk era baru dunia dan tidak ada yang bisa menolak teknologi sehingga harus cepat bergerak. Sebab mereka yang beradaptasi yang bisa bertahan.

'' Mungkin awalnya aneh dan ragu dengan mobil dan motor lostrik tapi ke depan tidak ada yang bisa menolak,'' ungkap Fahmi. Jadi perjalanan menatap masa depan yang tidak bisa ditolak harus adaptasi dengan teknologi yang ada.

Fahmi mengungkapkan, selain tiga unit di Kota Sukabumi ada sebanyak empat unit SPKLU di Kabupaten Sukabumi. Dengan kesiapsiagaan ini SPKLU ini makin memasyarakatkan kendaraan listrik di Sukabumi.'' Mari sama-sama bersinerhi dan berkolaborasi menyambut dunia ramah energi,'' kata Fahmi. Salah satunya dengan penggunaan kendaraan listrik.

Manajer PLN UP3 Sukabumi, Wardi Hadi menambahkan, tiga SPKLU ditempatkan di kantor PLN UP3 Sukabumi. Layanan ini dapat diakses oleh masyarakat selama 24 jam da pembayarannya dilakukan melalui aplikasi PLN mobile.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement