Selasa 25 Oct 2022 00:42 WIB

Pemprov Jabar Alokasikan Beasiswa Future Leaders Rp 9,8 Miliar untuk 614 Mahasiswa

Dinantikan kiprah mahasiswa kelahiran Jabar berkontribusi bagi bumi pasundan

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Sebanyak 614 mahasiswa menerima beasiswa Jabar Future Leaders (JFLS) tahun 2022. Pemberian beasiswa tersebut, langsung dilakukan secara simbolis oleh Gubenur Jabar, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (24/10/2022).
Foto: istimewa
Sebanyak 614 mahasiswa menerima beasiswa Jabar Future Leaders (JFLS) tahun 2022. Pemberian beasiswa tersebut, langsung dilakukan secara simbolis oleh Gubenur Jabar, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (24/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Sebanyak 614 mahasiswa menerima beasiswa Jabar Future Leaders (JFLS) tahun 2022. Pemberian beasiswa tersebut, langsung dilakukan secara simbolis oleh Gubenur Jabar, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (24/10/2022). 

Gubenur Jabar Ridwan Kamil berpesan pada semua penerima beasiswa, bahwa sebagai calon pemimpin, mahasiswa harus bisa menjawab permasalahan dengan inovasi. 

Baca Juga

“Leader itu problem solver, bisakah anda-anda berkontribusi untuk selesaikan satu satu masalah di Jabar. Dari inovasi yang sudah dibuat (oleh mahasiswa JFLS), itu menandakan seribu masalah seribu solusi,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Emil mengatakan, ia pun tak sabar menanti kiprah para mahasiswa kelahiran Jabar untuk memberi kontribusi pada bumi Pasundan ini.  “Mudah-mudahan para penerima fokus menyelesaikan studi dan ditunggu kiprahnya untuk Jabar dalam bentuk apapun,” katanya. 

 

Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Dedi Supandi, jumlah pendaftar JFLS tahun ini mencapai 30 ribu mahasiswa. Selain berkolaborasi dengan 116 perguruan tinggi di Jabar, JFLS pun memberikan kesempatan bagi mahasiswa Jabar yang berkuliah di empat perguruan tinggi di luar Jabar. Yakni di Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh November. Selain pemberian beasiswa, kata Dedi, para mahasiswa pun mendapatkan kesempatan untuk magang dan pendampingan. 

“Ini syarat mereka untuk jadi pemimpin dan memberikan kontribusi langsung untuk kemajuan Jabar dengan membuat inovasi. Ada beberapa aplikasi buatan mereka yang akan di terapka di Jabar,” katanya.

Sehingga, kata dia, dalam kegiatan ini, dipilih 3 Business plan terbaik karya mahasiswa JFLS tahun 2022 yang dikerjakan secara kelompok. 

Dedi menjelaskan, jumlah penerima yang menurun tak lepas dari kondisi anggaran. Namun, ia optimis tahun depan jumlah penerima beasiswa akan  bertambah.  “Jika tahun lalu Rp 25 miliar, tahun ini anggarannya hanya Rp 9,8 miliar. Tapi tahun depan diperkirakan meningkat,” katanya.

Ke-614 mahasiswa penerima beasiswa JFLS 2022 terbagi dari beberapa kategori. Yakni Beasiswa Pendidikan D4\S1 penuh, bantuan biaya pendidikan S2 dan S3, Beasiswa pendidikan untuk jenjang D3 program studi di luar kampus utama (PSDKU), D4/S1 PSDKU, Beasiswa pendidikan D3/D4/S1 Percepatan Askes Pendidikan TInggi, Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Afirmasi, Beasiswa Prestasi Seni dan Budaya, Beasiswa Prestasi Olahraga, Beasiswa Prestasi Aktivis dan Basiswa Prestasi Keagamaan. 

Menurut Salah satu penerima beasiswa, Rizky Ramadhan Sayyid Zenyda, ia sangat berterima kasih kepada Pemprov Jabar atas kesempatannya meraih beasiswa tersebut. Melalui beasiswa ini, dirinya amat termotivasi untuk terus bersemangat dalam menempuh pendidikan. 

“Beasiswa JFLS juga memotivasi generasi emas Jabar untuk terus berprogres dan menghasilkan prestasi, bukan hanya akademik, tapi juga non akademik untuk masa depan,” ujar Rizky yang merupakan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement