Jumat 21 Oct 2022 18:10 WIB

Penerimaan Mahasiswa Baru UMP 2023/2024 Ditandai Dengan Sholat Dhuha Berjamaah

Acara juga dilanjutkan pengajian yang diikuti oleh semua dosen dan karyawan UMP.

Penerimaan Mahasiswa Baru UMP 2023/2024 Ditandai Dengan Sholat Dhuha Berjamaah. Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
Foto: UMP
Penerimaan Mahasiswa Baru UMP 2023/2024 Ditandai Dengan Sholat Dhuha Berjamaah. Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024 ditandai dengan Sholat Dhuha berjamaah.

Tidak hanya itu, acara juga dilanjutkan Pengajian yang diikuti oleh semua dosen dan karyawan UMP dengan penceramah Drs KH Achmad Kifni di Masjid At-Tajdid, Jum’at (21/10/2022).

Baca Juga

“Selamat datang di masjid At-Tajdid. Mudah-mudahan masjid ini akan menjadi tanda peradaban dan pemikiran Islam semakin berkemajuan. Oleh karena itu marilah kita bergembira,” kata Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia berharap dari masjid tersebut banyak inovasi yang lahir, mulai dari pengembangan cabang dan ranting, pengembangan pemikiran Islam, riset-riset keislaman dan Kemuhammadiyahan yang menandakan bahwa islam itu rahmatan lil’alamin.

Terkait penerimaan mahasiswa baru, Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP, Dr Yudha Febrianta, M.Or mengatakan, penerimaan mahasiswa baru gelombang pertama dimulai Oktober 2022 hingga Maret 2023, gelombang kedua pada April - Juni 2023, dan gelombang ketiga Juli - Agustus 2023.

Ia mengatakan untuk pendaftaran pada 1 Oktober - 31 Maret 2023 banyak fasilitas yang bisa diperoleh melalui jalur minat, prestasi, dan Organisasi; diantaranya jalur minat, bebas SPP tetap semester 1. Jalur Prestasi dapat pembebasan 50 persen sumbangan pembangunan, dan jalur organisasi bebas SPP tetap semester 1.

Untuk prosedur pendaftaran dilakukan secara online pada laman online.pmb.ump.ac.id. Kemudian alurnya memproses pembuatan akun pendaftaran, pemilihan jalur pendaftaran dan program studi, melunasi Biaya Pendaftaran sebesar Rp 200 ribu.

"PMB UMP menerapkan sistem One Day Service untuk semua Program Studi kecuali Program Studi Farmasi (2 minggu sekali). Khusus Program Studi Farmasi, seleksi dan pengumuman dilakukan setiap 2 minggu (Pengumuman setiap hari Selasa di Minggu ke – 2 dan ke – 4 setiap bulan),” jelasnya.

Adapun persyaratan khusus untuk jalur minat yakni scan rapor semester 1-4, dan rekomendasi kepala sekolah atau guru BK. Untuk jalur prestasi cukup scan rapor semester 1-4 dan melampirkan bukti prestasi seperti piagam, atau sertifikat penghargaan. Sementara untuk jalur organisasi menggunakan scan raport semester 1-4 dan melampirkan surat keterangan aktif di organisasi.

"Saat ini, UMP memiliki 49 program studi (prodi) dan 11 fakultas, sudah banyak yang terakreditasi A. Selain itu, UMP juga memiliki banyak program profesi dan penyelenggara PPG, dan 7 program pasca sarjana," ujarnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement