Jumat 14 Oct 2022 21:48 WIB

Gibran Terapkan Konsep Kota Cerdas Melalui Penataan Kawasan Kumuh

Penekanan lainnya adalah terkait air bersih dan sanitasi.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berupaya menerapkan konsep kota cerdas. Salah satunya melalui penataan kawasan kumuh yang ada di Solo, Jawa Tengah. "Salah satunya dengan menerapkan smart living, jadi lebih ke penanganan daerah kumuh," katanya di Solo, Jumat (14/10/2022).

Selain itu, dia mengatakan, yang juga menjadi penekanan adalah air bersih dan sanitasi. Terkait hal itu, Gibran mengatakan Kota Solo sudah menerapkannya melalui program pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu. "Kami sudah melakukan itu, di area Mojo, Semanggi, ada juga pembangunan rumah susun," katanya.

Baca Juga

Meski sudah dilakukan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan program tersebut. Dengan demikian, akan makin banyak masyarakat yang menerima manfaatnya. "Smartcity kan berkembang, jadi harus terus adaptasi," katanya.

Dari sisi keuangan pihaknya terus mengenalkan sistem transaksi nontunai kepada para pelaku usaha, khususnya pedagang. "Kita gembar-gembor cashless tapi pedagang belum menyodorkan, pembeli belum paham, kan susah," katanya.

Terkait hal itu, ia akan memulai dari sisi transaksi pembayaran parkir, salah satu yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menyosialisasikan hal itu.

"Sekarang Pak Kadishub saya dorong untuk parkir agar cashless. Kita pakai QRIS saja yang nggak perlu hardware. Warga kalau tidak dibikin konsisten itu sulit," katanya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement