Kamis 13 Oct 2022 05:35 WIB

Wapres Harap Peserta MTQ Nasional ke-29 tak Hanya Kejar Kemenangan

MTQ tidak semata-mata wahana berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Ma
Foto: Republika/Fauziah Mursyid
Wakil Presiden Ma

REPUBLIKA.CO.ID,  BANJAR--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan kepada para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-29 Tahun 2022 tidak hanya mengejar kemenangan. Kiai Ma'ruf berharap para peserta lebih memupuk motivasi untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan melalui Al-Quran.

"Saya berpesan agar para peserta MTQ tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan dengan Al-Quran, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal," kata Ma'ruf saat membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-29 Tahun 2022 di Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10).

Baca Juga

Ma'ruf berharap generasi muda yang terlibat dalam kegiatan MTQ ini akan semakin memiliki pemahaman yang benar tentang isi dan kandungan Al-Qur’an.Menurutnya, kegiatan MTQ tidak semata-mata wahana berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

Selain itu, MTQ harap Ma'ruf, bisa meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah.

"Al-Qur’an harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa," ujarnya.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia ini menilai perlunya generasi muda Islam  ditanamkan pemahaman yang benar tentang cara Islam memandang keragaman dalam masyarakat. Apalagi, tujuan penciptaan manusia yang bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, kata dia, untuk saling mengenal dan saling menghormati satu sama lain.

"Oleh karena itu, tema yang diangkat dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an tahun ini, “Dengan MTQ Nasional kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur’ani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”, saya nilai sangat tepat dengan kondisi saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan MTQ Tingkat Nasional ke XXIX  ini sangat spesial setelah melalui pandemi Covid-19 yang berat, akhirnya kembali digelar secara meriah. Yaqut melaporkan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 ini diikuti 1.676 peserta yang sudah terverifikasi tahap II dari 2.158 orang  verifikasi tahap I serta telah ditetapkan dalam SK Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenang RI.

Sementara untuk panitia MTQ Nasional ini terdapat 7 orang dewan pengawas, 135 orang dewan hakim, 60 orang panitia pusat dan 26 orang panitera. Jumlah peserta tersebut diatas mengikuti 8 cabang lomba, 23 golongan dan 2 kategori (putra dan putri).

Kedelapan cabang lomba itu adalah cabang Seni Baca Alquran, Hafalan Al Quran, Tafsir Al Quran, Syarhil Quran, Kaligrafi, Qiraat Al Quran, Fahmil Quran dan terakhir cabang Karya Tulis Al Quran (KTIQ).

Hadir dalam pembukaan MTQ Nasional di antaranya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan bupati dan wali kota se-Kalimantan Selatan, para kafilah dan seluruh peserta MTQ Nasional ke-29.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement