Rabu 05 Oct 2022 00:51 WIB

AHY: Pada Saatnya Kita Umumkan Capres-Cawapres yang Diusung

Demokrat menghormati Nasdem yang telah mendeklarasikan capres Anies Bawesda.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Foto: Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta seluruh kader partainya tak khawatir dengan belum diumumkannya koalisi, pasangan calon presiden (capres), dan calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Demokrat. Menurutnya, nanti akan ada saatnya hal tersebut akan diumumkan.

"Semoga pada saatnya dan kami yakinkan pada saatnya kita juga akan mengumumkan sikap kita, seperti apa dan juga mengumumkan capres dan cawapres yang akan diusung oleh Partai Demokrat," ujar AHY dalam pidatonya di acara Pelantikan Ketua dan Pengurus DPC Partai Demokrat se-Jawa Tengah lewat video yang diterima Selasa (4/10).

Menurutnya, waktu untuk merumuskan koalisi untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 masihlah sangat lama. Dia menghormati, sikap partai politik lain yang sudah mendeklarasikan koalisinya untuk menghadapi kontestasi nasional.

Termasuk Partai Nasdem yang telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai capres. Ia mengungkapkan, pengumuman tersebut juga sudah dikomunikasikan oleh Partai Nasdem ke Partai Demokrat.

 

"Begitu pula sebaliknya mereka menghormati kedaulatan, proses dan mekanisme yang berlaku internal di Partai Demokrat, termasuk di PKS. Jadi sampai hari ini suasana dan kebersamaannya masih baik, tetapi sekali lagi kita masih sama-sama terus membangun komunikasi dan silaturahmi supaya ada kebersamaan-kebersamaan ke depan," ujar AHY.

Dia meminta seluruh kader Partai Demokrat tak khawatir dengan belumnya pihaknya memutuskan untuk berkoalisi. Fokus partainya saat ini adalah meningkatkan elektabilitas para calon legislatif untuk menghadapi pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

"Jangan sampai kita gagal fokus, siap semuanya ya? Terus saja tingkatkan elektabilitas partai kita, tingkatkan elektabilitas caleg-caleg kita, supaya ada jalan ke arah sana," ujar putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement