Senin 26 Sep 2022 15:46 WIB

BPBD Gunungkidul Petakan Potensi Rawan Bencana

BPBD juga termasuk terus memantau prakiraan kondisi cuaca

Red: Nur Aini
Distribusi air bersih di Padukuhan Candisari, Desa Hargosari, Kecamatan Tangjungsari.  Air bersih disalurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul.
Foto: Dok BPBD
Distribusi air bersih di Padukuhan Candisari, Desa Hargosari, Kecamatan Tangjungsari. Air bersih disalurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan segera melakukan rapat koordinasi dengan camat/panewu dan kepala desa untuk memetakan potensi rawan bencana pohon tumbang, tanah longsor, dan banjir pada musim hujan nanti.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Purwono di Gunungkidul, Senin (26/9/2022) mengatakan dampak cuaca ekstrem yang bisa timbul antara lain longsor, pohon tumbang, hingga banjir genangan.

Baca Juga

"BPBD Gunungkidul akan berkoordinasi dengan kapanewon/kecamatan hingga kalurahan/desa terkait pemetaan wilayah rawan bencana," kata Purwono.

Ia mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan pada musim pancaroba ini karena diperkirakan sangat ekstrem. BPBD juga termasuk terus memantau prakiraan kondisi cuaca yang dipublikasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

 

"Semisal kondisi cuacanya membahayakan, sebisa mungkin lakukan perlindungan diri," katanya.

DLH Gunungkidul saat ini juga mulai mengantisipasi dampak cuaca ekstrem. Terutama terjadinya pohon tumbang akibat angin kencang. Untuk itu, pihaknya tetap menyiagakan personel untuk penanganan.

"Khususnya yang tergabung dalam tim reaksi cepat (TRC)," katanya.

Menurut Purwono, jika ada kejadian maka Tim TRC ini yang langsung diterjunkan ke lokasi antara melakukan evakuasi hingga penanganan dari dampak cuaca esktrem. Ia mengakui tidak ada anggaran khusus untuk penanganan dampak bencana dari cuaca ekstrem. Meski begitu, bantuan stimulan tetap disiapkan jika nantinya dibutuhkan.

"Bantuan stimulan ini berupa logistik stok makanan hingga kebutuhan lainnya," kata Purwono.

Sementara itu, Sekretaris DLH Gunungkidul Madyarina Mulyaningsih mengatakan DLH Gunungkidul berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk provinsi, khususnya untuk penanganan pohon-pohon rawan tumbang di berbagai ruas jalan.

"Saat ini kami mulai rutin melakukan pemeliharaan pohon-pohon yang bisa mengganggu, dengan cara memangkas atau menebangnya," kata Madyarina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement