Senin 26 Sep 2022 13:16 WIB

Basis Massa Prabowo Dahulu dari PA 212-FPI dkk, Kini Ia Merapat ke Kalangan NU

Langkah yang dilakukan Prabowo dinilai tepat oleh pengamat politik, M Qodari.

Prabowo Subianto
Foto:

Adapun, Prabowo saat mendatangi Pondok Pesantren Api Asri Syubbanul Wathon Tegalrejo, mengajak santri dan santriwati untuk terus belajar demi bangsa Indonesia. Ia menegaskan, tidak mungkin dirinya akan melupakan sumbangsih pesantren bagi bangsa dan negara.

"Saya kira tidak mungkin Prabowo lupa dengan pesantren. Saya dari dulu Prabowo selalu dekat sama pak kiai, karena Prabowo dulu prajurti pasukan tempur yang harus brangkat ke medan pertempuran," ujar Prabowo.

"Mudah-mudahan saya tidak akan lupa, mudahan-mudahan saya mumpuni, mudah-mudahan saya termasuk golongan yang mumpuni, golongan yang tidak akan lupa (dengan pesantren), mudah-mudahan saya termasuk golongan yang setia kepada rakyat Indonesia," sambungnya.

Ia pun menanamkan optimisme kepada para santri tentang bagaimana menjaga kekayaan Indonesia dengan Ilmu pengetahuan sains dan teknologi. Apalagi saat ini ekonomi Indonesia menempati urutan ke-16 terbesar di dunia.

"Kita bersyukur karena karunia yang maha kuasa, tapi kita juga harus bersyukur bahwa kita punya pemerintah yang andal, pemerintah yang capable, harus diakui," ujar Prabowo. 

Hasil survei

Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani pekan lalu memaparkan hasil simulasi pasangan capres dan cawapres yang disurvei ke masyarakat. Bila pasangan calonnya tinggal dua, dan Puan dipasangkan sebagai calon wapres dengan calon presiden Prabowo, melawan pasangan Anies-AHY. Maka persaingan sangat ketat.

Saiful menjelaskan bila dua pasang, yaitu Prabowo-Puan dan Anies AHY, maka Prabowo menang tipis, namun mengalami pelemahan dan Anies mengalami penguatan. Hal itu disampaikan Saiful Mujani dalam agenda diskusi “Kekuatan Calon Pasangan Capres Cawapres 2024” Kamis, (22/9/2022).

"Bila pasangan calonnya hanya dua, Prabowo-Puan 38 persen, Anies-AHY 36,5 persen," kata dia.

Dan apabila duet ini benar terjadi, Saiful Mujani menilai, peluang Anies masih cukup terbuka untuk memenangkan Pilpres. Karena Saiful menjelaskan bahwa selama ini Prabowo lebih banyak dikenal oleh publik dibanding Anies.

"Jika posisi kedikenalan sama (tahu Puan, Prabowo, Anies, dan AHY), prospek pasangan Anies-AHY lebih bagus dibanding pasangan Prabowo-Puan," ujarnya.

 

Jatuhnya posisi Puan di cawapres Prabowo, menurut Saiful tak lepas dari PDIP yang tidak merestui pencalonan Ganjar Pranowo, namun nama Puan yang tetap didorong. Ia melihat nama Puan masih dianggap sulit memenangkan pilpres, baik di posisi capres maupun cawapres.

“Puan Maharani dipasangkan dengan siapa pun tidak cukup membantu PDIP untuk memastikan partai ini akan kembali memiliki presiden nanti,” jelasnya. 

Sementara, berdasarkan survei Charta Politika, mayoritas responden tak setuju jika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berpasangan dengan Presiden Joko Widodo pada Pemilu 2024 mendatang. 

"Ketika kita pasangkan Pak Prabowo salah satu capres yang tinggi elektabilitasnya, minimal di angka tiga besar, kita pasangkan dengan Joko  Widodo harusnya dianggap bisa menarik sebagian pemilh Jokowi yang masih fanatik tanpa peduli batasan konstitusi, ternyata mayoritas 57 persen dari responden menyatakan menolak," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, secara daring, Kamis (22/9/2022).

Hasil tersebut tidak jauh berbeda saat responden ditanya terkait wacana perpanjangan masa jabatan tiga periode. Mayoritas menjawab tak setuju masa jabatan Presiden tiga periode. 

"Ada konsistensi pernyataan dari publik sikap dari publik sekarang ketika kita uji dengan isu perpanjangan jabatan 75,2 persen menyatakan menolak," ucapnya.  

Hanya 18,8 persen yang setuju masa jabatan tiga periode. Ia meyakini Presiden Jokowi akan memperhatikan aspirasi publik terkait hal tersebut.

"Saya percaya Pak Jokowi orang yang sangat percaya dengan lembaga survei dan memperhatikan apa yang menjadi aspirasi dalam mengambil keputusan apalagi dalam isu yang sensitif," tuturnya.

 

photo
Anies Siap Menjadi Calon Presiden 2024 - (infografis republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement