Rabu 21 Sep 2022 10:53 WIB

Gratyo Gelar Kompetisi untuk Pelaku UMKM Agar Naik Kelas

Saya percaya bisnis UKM itu bukan usaha kecil menengah, tapi usaha kecil miliaran.

Gratyo meluncurkan kompetisi kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF) yang diikuti ribuan pelaku UMKM di Indonesia.
Foto: Istimewa
Gratyo meluncurkan kompetisi kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF) yang diikuti ribuan pelaku UMKM di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah maupun pihak swasta saat ini berupaya menggenjot pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu cara yang dipercaya bisa membantu akselerasi adalah dengan business coaching. Sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia, Gratyo Practical Business Coaching yang merupakan perusahaan pelatihan bisnis kelas dunia, menghadirkan kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF).

Kompetisi tersebut bertujuan untuk mencari pemilik bisnis UMKM dan calon entrepreneur untuk diberi pelatihan gratis selama satu tahun agar bisnisnya bisa naik kelas. "Saya percaya bisnis UKM itu bukan usaha kecil menengah, tapi usaha kecil miliaran," ucap motivator sekaligus entrepreneur, Merry Riana yang terlibat dalam kompetisi IMF dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Pertama kali dihadirkan, IMF dirancang sebagai kompetisi para pendiri bisnis baik untuk wirausahawan baru maupun wirausahawan mapan untuk menjadi Gratyo Indonesia Entrepreneur of The Year 2022 dengan hadiah senilai Rp 1 miliar. Pendaftaran IMF dimulai pada bulan Agustus sampai September 2022.

Managing Principal MD Co dan Sovereign’s Capital, David Tjokrorahardjo menjelaskan, bisnis itu membutuhkan transaksi. "Namun bisnis bukan hanya tentang transaksi, kita mau bisnis UMKM Indonesia naik kelas. Makanya kita berkolaborasi membuat Indonesia Mencari Founders ini," ujarnya.

Owner Gratyo BusinessVersity, Coach Ferry Dafira menjelaskan, misi utama dari kompetisi IMF adalah agar pada 2045 akan ada satu juta UMKM yang bisa naik level dari bisnis skala kecil menjadi bisnis skala menengah. Mereka nantinya ikut berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian Indonesia yang bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

"Sampai saat ini sudah lebih dari 1.500 pemilik bisnis dan calon entrepreneurs yang terdaftar. Diharapkan akan ada 3.000 pemilik bisnis dan calon entrepreneurs yang ikut serta. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 19 November 2022 di annual event bertajuk Indonesia Founders Conference (IFC)," kata Ferry.

Selain Coach Yohanes G. Pauly, Merry Riana, David Tjokrorahardjo, dan Coach Ferry Dafira, kompetisi IMF juga menghadirkan CEO Kopi Soe Group dan Co-Founder Menantea Sylvia Surya serta Co-Founder Yummy Corp Marbio Suntanu sebagai juri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement