Rabu 14 Sep 2022 22:51 WIB

Erdogan dan Putin akan Bertemu Bahas Pertempuran Armenia-Azerbaijan

Rusia memiliki pasukan penjaga perdamaian di zona konflik Azerbaijan-Armenia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berbincang dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu di Sochi, Rusia, 5 August 2022.
Foto: EPA-EFE/VYACHESLAV PROKOFYEV / SPUTNIK / KREM
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berbincang dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu di Sochi, Rusia, 5 August 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan membahas pertempuran antara Armenia dan Azerbaijan baru-baru ini. Mereka bertemu di Samarkand pada pekan ini.

"Masalah ini akan didiskusikan dengan Putin. Karena peran yang dimainkan oleh Rusia dan Turki dalam mengakhiri perang ini dan kerja sama yang mengikutinya sudah jelas," kata pejabat senior Turki yang meminta namanya tidak disebutkan pada Rabu (14/9/2022).

Baca Juga

Bentrokan baru meletus antara Azerbaijan dan Armenia pada Rabu. Upaya perdamaian internasional sedang digalang sehari setelah hampir 100 tentara gugur dalam pertempuran terburuk antara bekas pecahan Uni Soviet sejak perang 2020.

"Turki telah memulai kontak untuk mengatasi masalah antara kedua negara. Ini harus diakhiri sebelum berkembang lebih jauh," ujar pejabat tersebut.

Pertemuan antara Erdogan dan Putin akan terjadi di sela-sela KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai di Uzbekistan. Acara tersebut akan berlangsung pada Jumat (16/9/2022).

Rusia adalah kekuatan utama di Kaukasus dan memiliki pasukan penjaga perdamaian di zona konflik Azerbaijan-Armenia. Sedangkan anggota NATO Turki mendukung Azerbaijan. "Turki akan terus mendukung Azerbaijan dalam segala hal," tambah pejabat itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement