Senin 12 Sep 2022 07:10 WIB

Berlokasi di Yogyakarta, KlikDokter Run Fest akan Digelar pada 30 Oktober Mendatang 

Run Fest ini sendiri terbagi dalam empat kategori yaitu fun walk, 5K, 10K dan 21K.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Klik Dokter akan menyelenggarakan Klik Dokter Run Fest di Stadion Manahan Krida, Yogyakarta, pada 30 Oktober 2022.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Klik Dokter akan menyelenggarakan Klik Dokter Run Fest di Stadion Manahan Krida, Yogyakarta, pada 30 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi kesehatan Klik Dokter akan menyelenggarakan Klik Dokter Run Fest di Stadion Manahan Krida, Yogyakarta, pada 30 Oktober 2022 mendatang demi mengkampanyekan pola hidup sehat. Kegiatan itu digelar untuk mendukung program wisata kesehatan (medical tourism) yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Race Director Run Fest, Satrio Guardian mengatakan, pilihan untuk mengkampanyekan pola hidup sehat melalui olahraga lari adalah karena olahraga ini merupakan olahraga yang paling populer bagi semua kalangan.

Baca Juga

“Acara ini (Run Fest) diselenggarakan untuk menggerakan kembali pola hidup sehat masyarakat pasca Covid-19, kenapa kita pilih marathon karena lari adalah olahraga yang sangat mudah dan bisa dilakukan semua orang hanya dengan berbekal niat sekalipun," kata Satria dalam konferensi pers di Sudirman, Jakarta Pusat, Ahad (11/9/2022).

Run Fest yang diadakan Klik Dokter ini akan menjadi agenda half marathon pertama yang menggabungkan kegiatan olahraga dengan edukasi soal sejarah dan perjalanan dunia kesehatan Indonesia hingga saat ini. Dalam kegiatan nanti, peserta akan melewati rute yang telah dibuat, dimana rute itu dipilih karena melewati lokasi-lokasi bersejarah yang berkaitan dengan dunia kedokteran.

Satria menjelaskan, saat melewati rute yang terdapat spot bersejarah, para pelari dapat melihat tapak tilas perjalanan dunia kedokteran di Indonesia. "Mereka akan disuguhkan informasi berupa teks dan gambar terkait sejarah lokasi yang mereka lewati dan bisa menggali informasi lebih di finish line nanti," kata Satria.

VP Marketing KlikDokter Mia Argianti mengungkapkan, Yogyakarta dipilih untuk menggelar kegiatan ini karena kota tersebut dinilai memiliki histori terkait dunia kesehatan di Tanah Air. Menurutnya, Yogyakarta adalah kota dengan warisan sejarah medis yang kaya. 

"Dari kota ini pula banyak terdapat tapak tilas lokasi awal mula dunia kesehatan kita (Negara Indonesia) berkembang," kata Mia pada kesempatan yang sama.

Run Fest ini sendiri terbagi dalam empat kategori yaitu fun walk, 5K, 10K dan 21K. Kegiatan ini dapat diikuti oleh semua kalangan mulai dari pelajar berusia di bawah 19 tahun hingga master yang berusia di atas 45 tahun. Bukan cuma agenda lari, acara ini juga akan dimeriahkan dengan games, festival kuliner, Konsultasi Kesehatan dan sharing session wisata kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement