Sabtu 10 Sep 2022 05:09 WIB

Harga BBM Naik, Momentum Kembangkan Energi Alternatif

Baran Energy sejak beberapa waktu terakhir telah mengembangkan beberapa teknologi EBT

Tampak Baran PowerHome yang ditempel di dinding dan  dapat menyimpan daya dari solar panel yang dipasang di atap bangunan ketika siang hari. Nantinya, energi yang sudah tersimpan akan digunakan pada saat malam hari, atau saat dibutuhkan
Foto: dok baran energy.com
Tampak Baran PowerHome yang ditempel di dinding dan dapat menyimpan daya dari solar panel yang dipasang di atap bangunan ketika siang hari. Nantinya, energi yang sudah tersimpan akan digunakan pada saat malam hari, atau saat dibutuhkan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah Indonesia, secara resmi, sejak Sabtu, 3 September 2022, menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar. Penyesuaian harga ini bisa menjadi momentum pemerintah dan swasta untuk kembali mengembangkan energi alternatif berbasis energi baru terbarukan (EBT), seperti yang bersumber dari matahari, angin, dan air.

Kerja sama yang baik antara sektor swasta dan pemerintah di bidang pengembangan energi alternatif di masa transisi energi ini juga dapat membantu mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), sebagaimana pemerintah sudah menargetkan porsi EBT pada bauran energi sebesar 23 persen pada 2025 dan naik menjadi 31 persen pada 2050.

Baca Juga

Victor Wirawan, CEO sekaligus founder Baran Energy dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/9/2022) menuturkan, pihaknya siap bekerjasama, baik dengan swasta lainnya maupun dengan pemerintah dalam pengembangan energi alternatif berbasis EBT yang terkenal ramah lingkungan ini.

Baran Energy sejak beberapa waktu terakhir telah mengembangkan beberapa teknologi berbasis EBT, diantaranya adalah motor listrik Anubis Cruisercross yang menggunakan baterai berkapasitas 8,3 kWH. Selain motor listrik, sambung Victor, Baran Energy juga telah mengembangkan energy storage system (penyimpan daya skala besar) yang diberinama Baran PowerHome yang mampu menghemat tagihan bulanan hingga 60 persen. 

“Kenaikan harga BBM dan terus berlanjutnya krisis energi di masa transisi energi ini, akan menjadi momentum pelaku industri EBT, baik swasta maupun pemerintah untuk kembali mengembangkan energi alternatif. Saya berharap pemerintah dan swasta bisa terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar mau menggunakan EBT sebagai energi alternatif agar tidak terus tergantung pada energi fosil,” tutur Victor.

Berlanjutnya krisis energi dan semakin meningkatnya harga bahan bakar fosil di berbagai belahan dunia, teknologi PowerHome akan menjadi perangkat utama di rumah untuk mencegah pemadaman ketika ada mati listrik. Victor menyelaskan, sistem kerja Baran PowerHome ini cukup sederhana, yaitu perangkat teknologi ini akan menyimpan daya dari solar panel yang dipasang di atap bangunan ketika siang hari. Nantinya, energi yang sudah tersimpan akan digunakan pada saat malam hari, atau saat dibutuhkan. "Sementara, kelebihan energinya secara otomatis disalurkan ke penampung, berupa Baran Powehome untuk bisa dimanfaakan pada malam hari, atau saat kekurangan pasokan listrik," kata Victor.

Sebelumnya, Baran PowerHome seri pertama dengan kapasitas sekitar 8 kWh (kilowatt hour) sudah dipasang di beberapa properti, seperti vila, perkantoran, rumah pribadi, hingga komplek perumahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement