Jumat 09 Sep 2022 15:55 WIB

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Pilihan Tepat dalam Berkarier

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI adalah pilihan tepat demi masa depan

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI adalah pilihan tepat demi masa depan.
Foto: UBSI
Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI adalah pilihan tepat demi masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia usaha atau dunia bisnis tidak akan pernah bisa lepas dari kebutuhan program aplikasi bisnis yang khusus digunakan untuk mengelola data bisnis, hingga menghasilkan informasi keuangan yang dibutuhkan para pembuat keputusan (decision maker). Dengan informasi keuangan yang berkualitas (akurat, tepat waktu, dan relevan) para pembuat keputusan akan dengan cepat dapat mengambil keputusan bisnis yang cepat dan tepat pula dalam mengelola bisnis.

Aplikasi bisnis yang khusus dalam mengelola keuangan perusahaan memang banyak di pasaran, mulai dari produk lokal hingga luar. Namun, belum tentu semua modul yang ada dalam aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga

Karenanya, alternatif lain yang tepat adalah dengan membangun dan mengembangkan sendiri program aplikasi keuangan yang sesuai persis dengan kebutuhan setiap perusahan tanpa keluar dari prinsip dan kaidah dalam akuntansi. Pada akhirnya, bisa dipastikan program aplikasi yang dibangun sendiri (End User Computing) akan memiliki utilitas yang tinggi.

Semua itu hanya bisa dilakukan oleh SDM (sumber daya manusia) yang mengerti dan tahu dalam bidang pemrograman komputer sekaligus kompeten dalam bidang akuntansi. Menurut Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Adi Supriyatna, SDM kompeten yang dimaksud adalah alumni dari sebuah prodi yang memang sudah dibekali kompetensi tersebut.

“Belum banyak memang perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi tersebut. Namun ada beberapa perguruan tinggi yang telah menyiapkan pilihan tersebut,” ujar Adi, Kamis (8/9/2022).

Salah satunya yang sudah cukup dikenal adalah program studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI. Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI menjadi salah satu pemasok SDM unggul dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. Apalagi Universitas BSI sudah dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif.

“Kompeten dalam bidang pemrograman komputer, memiliki kompetensi dalam bidang akuntansi dan pengetahuan bisnis lainnya, menjadikan para alumninya beda dengan yang lain,” jelasnya.

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI telah merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar dan perkembangan dunia usaha untuk memastikan SDM yang dihasilkan benar-benar kompeten dalam bidangnya. “Dasar kompetensi yang disiapkan mulai dari analisis dan desain sistem informasi, teknik pemrograman komputer, ilmu akuntansi, kewirausahaan dengan berbagai pengayaan studi kasus yang up to date dan dukungan teknologi informasi yang memadai serta fasilitas lembaga, seperti BSI Career Center (BCC) akan menjadikan alumni mudah membangun karier sesuai dengan pilihan dan kompetensinya,” bebernya.

Menurut Adi terbukti telah banyak alumni dari Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI yang berkarier di berbagai bidang dalam dunia kerja dan usaha. “Karenanya bagi kamu yang ingin membangun karier di dunia kerja dan usaha, Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI ini adalah salah satu pilihan tepat dan cerdas yang bisa jadi pertimbangan,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement