Kamis 08 Sep 2022 01:19 WIB

NTB Diprakirakan Masuki Musim Hujan pada Oktober

Puncak musim hujan menurut prakiraan terjadi pada Januari 2023.

NTB Diprakirakan Masuki Musim Hujan pada Oktober
Foto: Republika/Putra M. Akbar
NTB Diprakirakan Masuki Musim Hujan pada Oktober

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memasuki musim hujan pada Oktober 2022.

"Musim hujan di NTB diprakirakan tiba pada Oktober dasarian II," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Nusa Tenggara BaratNuga Putrantijo dalam siaran pers yang diterima di Praya, Lombok Tengah, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga

"Awal musim hujan 2022/2023 di wilayah Nusa Tenggara Barat pada umumnya maju dibandingkan dengan kondisi rata-ratanya kecuali di sebagian wilayah Lombok Timur, sebagian wilayah Dompu, dan sebagian wilayah Kabupaten Bima," katanya.

Ia mengatakan pada periode peralihan musim Oktober sampai November 2022, warga perlu mewaspadai kemungkinan terjadi kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, dan hujan es.

Menurut dia, musim hujan 2022/2023 di wilayah Nusa Tenggara Barat secara umum diprakirakan dalam kategori normal. Puncak musim hujan menurut prakiraan terjadi pada Januari 2023.

"Pemerintah daerah dan masyarakat di daerah rawan banjir dan tanah longsor diimbau untuk waspada menjelang dan pada saat periode puncak musim hujan, terutama di wilayah yang mengalami musim hujan lebih basah dari normalnya," kata Nuga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement