Selasa 06 Sep 2022 13:28 WIB

Jabar Bidik Wisatawan Indonesia Timur, Lukisan Ridwan Kamil Dipamerkan di MIEFF

Potensi wisatawan perlu digenjot untuk merealisasikan target 40 juta kunjungan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Warga berwisata di kawasan wisata  Gunung Kapur Goa Lalay, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Warga berwisata di kawasan wisata Gunung Kapur Goa Lalay, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan lokal. Salah satu caranya dengan mengikuti Makassar International Eight & Forum Festival (MIEFF).

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar, keikutsertaan Jabar dalam ajang itu untuk menggaet wisatawan dari wilayah Indonesia Timur. Acara tersebut, akan digelar pada 7-11 September 2022.

Baca Juga

Tak hanya itu, menurut Benny, paviliun Jabar akan diwarnai dengan karya lukis dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu dijadwalkan akan hadir di paviliun Jabar untuk membuka acara dan berinteraksi dengan calon wisatawan.

"Bapak Gubenur Jawa Barat rencana nya selain menghadiri secara langsung pembukaan acara F8, beliau akan berinteraksi langsung dengan pengunjung Paviliun Jawa Barat. Podcast dan workshop ekonomi kreatif akan dilakukan dengan berkolaborasi dengan narasumber Jawa Barat dan Makassar,"  ujar Benny, Selasa (6/9/2022).

Rencananya ada sembilan lukisan karya Ridwan Kamil yang akan dipajang di paviliun Jabar. "Lukisan yang akan dibawa yakni seni lukis modern, benda, bentang alam dan figur-figur manusia. Beberapa lukisan juga menampilkan abstraksi dan pengolahan idiom kaligrafi Islam. Secara umum, Kang Emil menyukai warna-warna cerah dengan saturasi yang tinggi untuk lukisan," jelasnya.

Benny mengatakan, potensi kunjungan wisatawan harus perlu digenjot untuk merealisasikan target 40 juta kunjungan wisatawan lokal ke Jabar. "Makassar merupakan kota dengan infrastruktur pendukung yang strategis kawasan Indonesia bagian timur, dapat dikatakan menjadi hub pasar pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia bagian timur," kata Benny.

Aneka promosi dari Jabar akan berlokasi di paviliun F8. Pengunjung F8 akan disuguhi pameran dan selling produk ekraf unggulan Jawa Barat baik itu fashion, craft, art, culture dan lainnya.

Selain itu, menurut Benny, akan ada juga hotdeals paket wisata yang dijual dari Makassar ke kota-kota di Jawa Barat. Kegiatan ini dibungkus kedalam satu suguhan menarik dengan membawa seniman-seniman interaktif yang akan berpentas di sana.

"Di sana kita akan promosi Smiling West Java melalui kegiatan direct promotion pariwisata, budaya dan ekonomi Kreatif Jawa Barat. Paviliun Jawa Barat di kegiatan F8 ini akan menjadi wadah direct promotion Jawa Barat yang langsung berinteraksi dengan calon pelanggan/wisatawan," paparnya.

Selain promosi wisata, kata Benny, misi Jabar dalam ajang tersebut yakni mengajak pemerintah setempat untuk berkolaborasi, kerja sama bidang pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif.

 

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat selalu berusaha menginisiatif untuk menyuarakan pembangunan berkelanjutan di tingkat regional, nasional dan global. Salah satunya dengan menyajikan ruang publik untuk berekspresi, dan berkarya menjadi nilai ekonomi kreatif," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement