Ahad 04 Sep 2022 14:01 WIB

Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat Jawa Barat Gelar Kemah Literasi

Kemah Literasi jadi ajang silaturahim para pegiat TBM dan literasi khususnya di Jawa

Suasana pembukaan Kemah Literasi Jawa Barat di Sumedang, Jumat (2/9/2022). Kegiatan yang diadakan oleh Pengurus Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Provinsi Jawa Barat itu berlangsung hingga Ahad (4/9/2022).
Foto: Dok TBM Jabar
Suasana pembukaan Kemah Literasi Jawa Barat di Sumedang, Jumat (2/9/2022). Kegiatan yang diadakan oleh Pengurus Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Provinsi Jawa Barat itu berlangsung hingga Ahad (4/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Kemah Literasi Jawa Barat yang digelar oleh Pengurus Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Provinsi Jawa Barat resmi dibuka oleh Ketua Forum TBM Jawa Barat Aam Siti Aminah, di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jumat (2/9/2022) siang.

Kegiatan Kemah Literasi Jawa Barat ini, adalah salah satu program kegiatan dari Pengurus Wilayah Forum TBM Provinsi Jawa Barat, yang digelar setiap dua tahun sekali. Sebelumnya digelar pada tahun 2017 dan 2019. Karena pandemi dan aturan masih ketat jadi kegiatan pun tertunda pada tahun 2021, akhirnya kemah pun terlaksana pada tahun sekarang. 

Pada tahun ini, Kemah Literasi Jawa Barat mengusung tema "Literasi Budaya Bandung Purba" dengan tagline "Perkuat Jati Diri Bangsa". Kegiatan yang diikuti oleh 200 peserta dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Barat digelar  selama tiga hari, 2-4 September 2022. 

Dalam sambutannya Aam Siti Aminah menyebutkan, pada tahun ini Kemah Literasi Jawa Barat adalah sebuah rangkaian kegiatan program juga dari Literasi Budaya Bandung Purba yang bekerja  sama dengan Direktorat Kebudayaan Kemendikbudristek RI. 

"Kegiatan ini termasuk rangkaian kegiatan dari program Literasi Budaya Bandung Purba, yang sebelumnya ada kegiatan Pendampingan kepenulisan tentang Literasi Budaya Bandung Purba, pada bulan ini dilanjut Kemah Literasi Jawa Barat dan bulan depan kegiatan Panggung Budaya sebagai penutup rangkaian program," ujar Aam Siti Aminah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (2/9/2022).

Acara Kemah Literasi Jawa Barat tahun ini, secara simbolik dibuka dengan menggoyangkan angklung secara bersama-sama dengan perwakilan ketua Pengurus Daerah Forum TBM kabupaten/kota di Jawa Barat, perwakilan dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Dispusipda Jawa Barat, Dinas Kebudayaan Jawa Barat, Disarpus Kabupaten Sumedang dan Kang Maman.

"Untuk mengisi kegiatan kemah literasi tahun ini, sesuai dengan tema dan tagline yaitu Perkuat Jati Diri Bangsa, maka peserta kegiatan jauh-jauh hari sudah dibekali melalui zoom untuk pelatihan kepenulisan kampungnya, untuk dibawa pada acara kemah literasi Jawa Barat dan beberapa artefak kekhasan daerahnya masing-masing," lanjut Aam.

Ragam kegiatan dalam Kemah Literasi Jawa Barat 2022 ini ada beberapa diskusi yang menampilkan narasumber dari berbagai bidang.  Yakni,  T  Bachtiar (ahli geologi dan penulis Bandung Purba), Kang Opik (ketua Forum TBM Pusat), Bayu Gautama (founder Sekolah Relawan), Prof  Davidescu Cristiana Victoria (direktur Pasca Sarjana UNLA), Etty RS (budayawan/Sing Rancage), Kusnandar SSos MSi (dosen Unpad), dan Maman Suherman (penasehat Forum TBM). 

Kemah Literasi Jawa Barat seperti beberapa tahun yang sudah terlaksana, menjadi ajang silaturahim para pegiat TBM dan literasi khususnya di Jawa Barat, untuk berbagi ilmu tentang kegiatan-kegiatan atau praktik baik literasi dari TBM. Forum TBM Jawa Barat berharap semoga kegiatan kemah literasi ini bisa terlaksana kembali dibeberapa kota/kabupaten di Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement