Jumat 02 Sep 2022 03:33 WIB

Kedatangan mahasiswa di Kota Malang pengaruhi TPK hotel berbintang

TPK hotel berbintang di Kota Malang lebih tinggi dibanding di Jatim dan nasional.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini, merilis tingkat inflasi per April 2022 di Kota Malang, Senin (9/5/2022).
Foto: Tangkapan layar
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini, merilis tingkat inflasi per April 2022 di Kota Malang, Senin (9/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang menyatakan kedatangan para mahasiswa yang kembali ke Kota Malang, Jawa Timur, memberikan pengaruh terhadap Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang pada Juli 2022. Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini mengatakan, pada Juli 2022 TPK hotel berbintang di Kota Malang mencapai 63,80 poin.

Hal ini mengalami peningkatan sebesar 5,54 poin dibanding bulan sebelumnya. "Kedatangan mahasiswa baru untuk memulai perkuliahan memberikan pengaruh terhadap TPK hotel berbintang di Kota Malang," kata Erny dalam jumpa pers secara virtual di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga

Erny menjelaskan, dengan TPK hotel berbintang sebesar 63,80 poin tersebut, maka tingkat keterisian kamar hotel yang ada di Kota Malang mencapai 63-64 kamar per hari pada periode Juli 2022. Menurutnya, jika dibandingkan dengan TPK hotel berbintang secara rata-rata di Jawa Timur dan nasional, TPK Kota Malang lebih tinggi.

Pada Juli 2022 TPK hotel berbintang di Jawa Timur sebesar 56,62 persen dan nasional sebesar 49,77 persen. "Ini merupakan indikator yang mencerminkan produktivitas jasa akomodasi. Pada Juli 2022, TPK hotel berbintang di Kota Malang lebih tinggi dari Jawa Timur dan nasional," ujarnya.

Sebagai informasi, Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak perguruan tinggi dan universitas. Diperkirakan jumlah mahasiswa baru yang masuk ke Kota Malang pada 2022 mencapai puluhan ribu orang.

Erny menambahkan, untuk komposisi tamu hotel berbintang di Kota Malang pada periode tersebut tercatat sebanyak 98,95 persen merupakan tamu domestik. Sementara untuk wisatawan mancanegara sebesar 1,05 persen. "Selama Juli 2022 ini tercatat lebih banyak tamu nusantara yang menginap di hotel berbintang di Kota Malang," ujarnya.

Sementara itu, untuk rata-rata lama menginap tamu domestik pada hotel berbintang di Kota Malang, pada periode yang sama itu mengalami penurunan menjadi 1,40 poin. Pada periode sebelumnya, rata-rata lama menginap tamu domestik sebesar 1,52 poin.

Untuk rata-rata tamu mancanegara yang menginap pada hotel berbintang di Kota Malang, mengalami kenaikan dari sebelumnya 1,93 poin menjadi 2,38 poin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement