Rabu 31 Aug 2022 20:50 WIB

Akses Menuju Gelora Bung Tomo Kelar Sebelum Kualifikasi AFC

Pemkot Surabaya janjikan akses ke Gelora Bung Tomo selesai sebelum kualifikasi AFC.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan
Pekerja membuat lubang untuk pemasangan bibit rumput di lapangan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pemkot Surabaya janjikan akses ke Gelora Bung Tomo selesai sebelum kualifikasi AFC.
Foto: MOCH ASIM/ANTARA
Pekerja membuat lubang untuk pemasangan bibit rumput di lapangan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pemkot Surabaya janjikan akses ke Gelora Bung Tomo selesai sebelum kualifikasi AFC.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya, Adi Gunita mengatakan pengerjaan akses jalan simpang sebidang menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) progresnya sudah mencapai 54 persen. Ia memastikan, pada 10 November 2022 akses tersebut sudah bisa dilalui.

Jalan tersebut disiapkan menyambut pertandingan kualifikasi Piala AFC U-20 2023 yang digelar pada 14 hingga 18 September 2022. "Nanti ada jeda waktu empat hari yang mungkin kita bisa kroscek bersama tim. Supaya nanti kurang-kurangnya seperti misalnya aksesoris itu bisa dipenuhi dalam 1 hingga 2 hari," kata Adi, Rabu (31/8/2022).

Adi menjelaskan, terdapat sejumlah akses jalan yang dapat dilalui menuju Stadion GBT. Yakni, dari Jalan Jawar serta Jalan Tol Romokalisari. Selain itu, dapat pula melalui Jalan Kalianak lalu tembus ke flyover Teluk Lamong.

"Tapi untuk keperluan event internasional kan ada durasi waktu yang harus dicapai (peserta) dari penginapan ke venue pertandingan," ujarnya.

Adi menyatakan, maka akses jalan yang realistis untuk mengejar waktu bagi para peserta adalah melewati jalan tol. Peserta bisa turun dari Simpang Susun Tol Romokalisari langsung menuju ke Stadion GBT.

"Itu untuk pesertanya yang realistis untuk kejar waktu. Tapi untuk penonton ada beberapa akses. Bisa nanti dilewatkan flyover Teluk Lamong milik PT Pelindo atau lewat Jalan Raya Jawar," kata dia.

Tak hanya menyelesaikan pengerjaan sejumlah akses jalan menuju Stadion GBT, Adi menyatakan, pihaknya juga melakukan sejumlah pekerjaan infrastruktur jalan di sekitar Stadion GBT.

"Akses yang lainnya mungkin kami kemarin kita coba selesaikan akses penghubung lapangan A, B, dan C," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement