Senin 29 Aug 2022 16:08 WIB

Sumur di Tasikmalaya Keluarkan Gas, Diduga dari Metana

Gas terbakar jika disulut oleh api.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Warga di Kampung Rancabogo, Desa Sukaratu, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, menemukan sumber gas yang terletak di dalam tanah, pada Jumat (26/8/2022). Penemuan itu bermula ketika warga sedang menggali sumur bor.
Foto:

Berdasarkan pengecekan awal, Pepen mengatakan, dugaan awal gas yang muncul ke permukaan merupakan gas metana. Ia menjelaskan, gas metana merupakan gas yang merasal dari pembusukan bahan-bahan organik di bawah permukaan tanah terendapkan selama bertahun-tahun. Ketika ada rongga atau lubang, gas akan keluar.

Ia menyebutkan, gas metana akan mudah terbakar ketika ada percikan api. Namun, itu bersifat sementara. Diperkirakan, gas metana akan habis dalam waktu yang tidak terlalu lama.

"Jadi bukan dari gas gunung api. Kalau gunung api, gasnya relatif tidak mengeluarkan api. (Gas) Itu bisa saja dari bekas tumpukan tumbuhan atau bekas letusan gunung api, ada bahan yang tertumpuk di bawah," ujar dia.

Menurut dia, kasus keluarnya gas dari sumur warga baru kali pertama ditemukan di wilayah tersebut. Pihaknya akan terus melakukan pemantauan hingga sepekan ke depan. Apabila gas masih keluar, Dinas ESDM Provinsi Jabar akan melakukan pengujian sampel gas.

Namun, apabila gas sudah tidak lagi keluar, warga bisa kembali beraktivitas dari sumur tersebut. "Kalau sudah hilang, air akan bisa diminum. Kalau gas metan di lingkungan kecil tak terlalu banyak. Kecuali gas metan di TPA, itu kan dijadikan pembangkit listrik," ujar dia.

Pepen tetap mengimbau warga sekitar untuk sementara tidak mendekati atau berkegiatan di sekitar sumur yang mengeluarkan gas itu. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk memasang garis polisi di sekitar lokasi.

"Aparat desa setempat akan selalu memonitor dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melaporkan perkembangannya," kata dia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement