Sabtu 27 Aug 2022 12:25 WIB

Gelora Bung tomo Jadi Tempat Kualifikasi Piala AFC U-20

GBT dipakai pertandingan kualifikasi Piala AFC pada 14 September 2022.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Friska Yolandha
Pekerja membersihkan bagian tribun penonton di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/9/2020). Pemerintah Kota Surabaya tengah mempersiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023.
Foto: MOCH ASIM/ANTARA
Pekerja membersihkan bagian tribun penonton di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/9/2020). Pemerintah Kota Surabaya tengah mempersiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya tengah mempersiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023. Pertandingan kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023 bakal digelar mulai 14 hingga 18 September 2022.

Untuk Grup F yang diisi Indonesia, Hong Kong, Vietnam, dan Timor Leste, tempat pelaksanaannya di Stadion GBT Surabaya. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku telah mendapatkan surat resmi dari FIFA dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bahwa Stadion GBT ditunjuk sebagai tuan rumah kualifikasi Piala AFC U-20 tajun 2023.

Baca Juga

"Sudah ada surat resmi dari FIFA dan PSSI, GBT dipakai pertandingan kualifikasi Piala AFC pada 14 September 2022 nanti," kata Eri di Surabaya, dikutip Sabtu (27/8/2022).

Beberapa persiapan yang telah dilakukan di GBT, mulai dari akses jalan, tempat peliputan wartawan, tribun penonton, dan sebagainya. Eri menyebut, standar persiapan yang digunakan disesuaikan dengan prosedur pertandingan Piala Dunia. 

"Pastinya persiapan untuk Piala AFC nanti syarat-syarat yang ada di Piala Dunia kita terapkan semua. Setelah Piala AFC selesai, Stadion GBT sudah berkapasitas dan standarnya internasional," ujar Eri. 

Eri meyakini, ketika Stadion GBT digunakan untuk pertandingan berskala internasional, semakin menjadi kebanggaan arek-arek Suroboyo. Bukan hanya itu, pastinya juga akan dijadikan penyemangat bagi para pemain Persebaya sehingga bisa meraih juara di Liga 1. 

"Jelang pertandingan AFC, Insya Allah jalan menuju ke GBT tidak hanya ada satu titik. Akan tetapi juga kita buatkan titik lainnya agar lebih mudah aksesnya," kata Eri.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati menjelaskan sejauh mana kesiapan Stadion GBT setelah ditunjuk FIFA dan PSSI sebagai tuan rumah kualifikasi Piala AFC U-20. Wiwiek menjelaskan, menyambut Piala AFC U-20, pihaknya telah menyiapkan tempat pertandingan, lapangan untuk latihan, perawatan gedung stadion, pemeliharaan rumput, tribun penonton, dan lain sebagainya.

"Sarana dan prasarana sudah kita sesuaikan dengan ketentuan AFC ya. Ada beberapa item-item yang menjadi kelengkapan untuk AFC juga sudah kami sediakan," kata Wiwiek. 

Wiwiek menyebutkan, perawatan gedung Stadion GBT juga telah dilakukan. Bukan hanya gedung Stadion GBT, ia memastikan, stadion yang dipakai untuk tempat latihan juga telah disiapkan secara optimal dalam menyambut pertandingan bola bergengsi se-Asia ini. 

"Pertandingannya di Stadion GBT, sedangkan untuk latihannya kami sediakan di Stadion Gelora 10 November dan Stadion Gelora Pancasila. Kita harapkan pada pelaksanaan kualifikasi Piala AFC U-20 mendatang sudah siap dan maksimal," ujar Wiwiek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement