Sabtu 27 Aug 2022 05:35 WIB

Kang Emil Kampanyekan Hidup Sehat, Termasuk Minum Susu

Susu bagian dari gizi seimbang merupakan sumber makanan yang kaya zat gizi.

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil di depan Gedung Sate, Kota Bandung.
Foto: Istimewa
Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil di depan Gedung Sate, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, menyambut baik inisiatif PT Frisian Flag Indonesia (FFI) yang sejalan dengan fokus Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kesadaran tentang pentingnya hidup sehat.

"Untuk bisa hidup sehat, saya ingin menekankan beberapa hal yang bisa kita terapkan. Dimulai dengan mengutamakan sarapan pagi, kemudian aktif berolahraga setiap hari di mana pun kita berada dan jangan lupa minum susu agar daya tahan tubuh kuat di berbagai kondisi," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Peluncuran Kampanye #JagaDiriKiniDanNanti dibuka di Gedung Sate, Kota Bandung bersamaan dengan HUT ke-77 Jabar. Dibuka Kang Emil, acara itu dihadiri oleh puluhan ribu warga kota Bandung yang ikut mendeklarasikan diri untuk tujuan yang sama, yaitu mulai kini sampai nanti menjaga daya tahan tubuh keluarga dengan cara rutin minum susu setiap pagi dan terapkan gaya hidup aktif.  

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKM Universitas Indonesia, Ahmad Syafiq menjelaskan, ada banyak faktor yang mempengaruhi fungsi sistem daya tahan tubuh. Salah satunya adalah asupan bergizi. Korelasinya bahkan cukup signifikan antara sistem kekebalan dan gizi seseorang.

"Pemenuhan gizi yang seimbang, cukup serta optimal mendukung terbentuknya fungsi sel imun atau memperkuat daya tahan tubuh yang tidak hanya memungkinkan mereka untuk memulai respon efektif terhadap berbagai paparan atau serangan patogen, tetapi juga menghasilkan proses pemulihan cepat untuk menghindari peradangan lainnya," kata Ahmad.

Menurut dia, susu sebagai bagian dari gizi seimbang merupakan sumber makanan yang kaya zat gizi penting, baik untuk tumbuh kembang maupun daya tahan tubuh. "Berbagai zat gizi makro maupun mikro, vitamin dan mineral terkandung dalam susu. Tidak hanya salah satu sumber protein hewani terbaik seperti asam amino esensial, tapi Vitamin A, dan D3 yang terkandung dalam susu berfungsi untuk mendukung perlindungan tubuh dari kerusakan sel," ujar Ahmad.

Corporate Affairs Director FFI, Andrew F Saputro mengatakan, pihaknya telah hadir menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama 100 tahun. Selain menghadirkan rangkaian produk susu yang berkualitas dan terjangkau, FFI juga turut menyerukan pentingnya penerapan gaya hidup sehat dan aktif salah satunya melalui kampanye #JagaDiriKiniDanNanti.

"Kampanye ini adalah upaya kami untuk memperkuat komitmen menyediakan gizi lebih baik dan mengajak keluarga Indonesia untuk rutin mengkonsumsi susu di pagi hari. Kami meyakini susu mengandung banyak kebaikan, dan sebagai salah satu protein hewani terbaik, susu mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh," kata Andrew.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement