Kamis 25 Aug 2022 04:27 WIB

Menkominfo: Investigasi Kebocoran Data PLN dan Indihome Masih Berlanjut

Kemenkominfo belum mau menyebut ada kelalaian dalam kebocoran data tersebut.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham Tirta
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyampaikan, investigasi terkait kebocoran data pribadi pelanggan Indihome dan juga PLN masih berlanjut. Ia menyebut, audit keamanan tetap dilakukan untuk memastikan keamanan data pelanggan meskipun keduanya sudah menyampaikan keamanan datanya.

"Kan dari PLN dan dari Telkom sudah menyampaikan data mereka aman. Tetapi kan kita harus memeriksa, mengaudit keamanannya bener apa enggak? Kalau betul-betul aman ya syukur," kata Johnny di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Ia mengatakan, hasil investigasi akan diumumkan setelah selesai dilakukan. Menurut Johnny, Kemenkominfo akan memberikan rekomendasi perbaikan jika diperlukan. Misalnya, rekomendasi terkait update teknologi enkripsi dan peningkatan SDM.

"Dan yang ketiga terkait pengelolanya bagaimana yang normal untuk audit seluruh penyelenggara sistem elektronik," kata dia.

 

Johnny pun enggan menduga terjadinya kelalaian terkait kebocoran data pelanggan sebelum investigasi selesai dilakukan. "Jangan mendahului auditor. Auditor dulu," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement