Selasa 23 Aug 2022 19:23 WIB

Kejahatan Makin Canggih, Hati-Hati Kalau Dihubungi Oknum Perbankan

Kejahatan perbankan semakin canggih.

Rep: rilis Polri/ Red: Muhammad Subarkah
Polisi berjaga di dekat barang bukti saat rilis pengungkapan kasus kejahatan siber di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (5/10/2020). Bareskrim Polri berhasil menangkap sindikat pembobol akun nasabah bank dan aplikasi transportasi daring Grab dengan kerugian mencapai Rp21 miliar.
Foto:

Modus

Fraud Management & Recovery Desk Head Bank BRI, Sigit Prasetyanto menjelaskan setidaknya ada sejumlah modus freud eksternal, yaitu: 1. Skimming kartu ATM juga pemasangan kamera mini untuk meng-copy PIN; 2. Pelaku pura-pura kenal lalu membujuk korban untuk mengirim uang/pulsa/waller; 3. Pelaku pura-pura jadi pihak bank untuk memperoleh informasi untuk memindahkan dana nasabah; 4. Pelaku pura-pura pihak bank untuk berupaya memperoleh informasi yang dibutuhkan via website palsu untuk mengambil alih fasilitas keuangan nasabah; 5. Pelaku berusaha memperoleh SIM Card untuk dapatkan sms otp utk fot password dan PIN.

Bank BRI, lanjut Sigit, telah memiliki desk fraud untuk mencegah terjadinya fraud, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan jika terjadi fraud. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement