Senin 22 Aug 2022 19:27 WIB

Wakil Dubes Dukung Warga Rusia Berwisata ke Provinsi Aceh

Veronika usul Aceh kerja sama dengan Tatarstan, Tajikistan, dan Chechnya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Duta Besar (Dubes) Federasi Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoseltseva bersama Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al Haythar.
Foto: Dok Kedubes Rusia
Wakil Duta Besar (Dubes) Federasi Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoseltseva bersama Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al Haythar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Wakil Duta Besar (Dubes) Federasi Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoseltseva mendukung penuh warganya berwisata ke Provinsi Aceh. Sehingga, warga Rusia dapat mengetahui lebih banyak tentang Aceh yang kaya akan keindahan alam dan kebudayaannya.

"Kebudayaan dan tradisi yang Aceh punya bisa menjadi suatu warisan yang harus dijaga dan diperlihatkan kepada masyarakat internasional," kata Veronika Novoseltseva saat melakukan pertemuan (kunjungan balasan) dengan Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al Haythar dalam siaran pers di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin (22/8/2022).

Wali Nanggroe Aceh pada 27 Juli 2022, berkunjung ke Kedubes Federasi Rusia di Jakarta dalam rangka menjajaki hubungan kerja sama berbagai bidang mulai dari investasi hingga pendidikan. Veronika mengakui, selama ini banyak turis (wisatawan) Rusia yang berkunjung ke Aceh, dan tidak pernah terjadi persoalan dengan masyarakat Tanah Rencong.

"Karena itu, kita mendukung masyarakat Rusia berwisata ke Aceh untuk melihat tradisi kebudayaan, pemandangan alam, menikmati kuliner khas Aceh terutama kopi," ujarnya.

 

Kepada Wali Nanggroe, Veronika juga mengusulkan untuk membangun partnership antara Provinsi Aceh dan salah satu daerah atau negara bagian di Rusia. Terutama, di wilayah yang memiliki banyak penduduk Muslim, seperti Tatarstan, Tajikistan, dan Chechnya.

Hubungan partnership tersebut bisa dalam bidang kerjasama produk-produk halal dan lainnya. "Saya mau kirim rekomendasi ke Rusia supaya ada kontak-kontak langsung ke Aceh untuk menetapkan pedoman partnership tersebut," kata Veronika.

Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud menyampaikan sebuah kehormatan besar bagi dirinya, dan masyarakat Aceh secara keseluruhan telah dikunjungi Wakil Dubes Federasi Rusia. Tgk Malik menyampaikan, Provinsi Aceh sudah lama menaruh perhatian terhadap Rusia sebagai negara maju dengan harapan benar-benar terbangunnya kerja sama di berbagai bidang antara Aceh dan Rusia.

"Kedatangan ini, saya harapkan hubungan Aceh dengan Rusia akan terus berkembang," kata Tgk Malik. Usai menggelar pertemuan, ia membawa Veronika ke tempat wisata untuk menikmati keindahan panorama alam Puncak Geurutee, Aceh Jaya.

Kemudian, juga singgah di tempat bersejarah yakni rumah pahlawan nasional Cut Nyak Dhien di Lampisang Kabupaten Aceh Besar. Selain soal wisatawan, Tgk Malik bersama Veronika juga membahas terkait perkembangan terkini Aceh dari segi kebudayaan, adat istiadat, sejarah, potensi alam, pendidikan, olahraga, ekonomi, serta mengenai konservasi harimau Sumatra di Aceh.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement