Ahad 21 Aug 2022 21:50 WIB

Layanan Kependudukan Kota Sukabumi Dinilai Terbaik di Jabar

Penghargaan itu yang kedua kalinya didapat Kota Sukabumi dari Pemprov Jabar.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham Tirta
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi memperlihatkan layanan 3 in 1 dokumen kependudukan.
Foto: Republika/riga nurul iman
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi memperlihatkan layanan 3 in 1 dokumen kependudukan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Layanan administrasi kependudukan (adminduk) Kota Sukabumi dinilai menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Barat. Karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi meraih predikat terbaik 1 pada kategori penduduk kecil Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Penghargaan tersebut disampaikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil kepada Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam momen peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Jawa Barat di Lapangan Gasibu Bandung, Jumat (19/8/2022). ''Penghargaan disampaikan pada saat upacara ulangtahun provinsi Jabar, di mana gubernur memberikan penghargaan kepada Wali Kota Sukabumi,'' ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi, Ahad (21/8/2022).

Baca Juga

Menurut dia, itu adalah tahun kedua Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan serupa.  Hal itu memotivasi untuk pelayanan lebih baik.

Kardina mengatakan, ada kota besar, skala menengah, dan kota kecil dengan penduduk di bawah 500 ribu jiwa dalam kotegori penghargaan. Parameter penilaian terkait persyaratan kelengkapan berkaitan kebijakan, struktur organisasi, kapasitas SDM, kulitas pelayanan pubilk, sarana prasarana dan inovasi. Ke semuanya menjadi kriteria penilaian.

Selanjutnya, dilakukan peninjauan dan wawancara ke lapangan. Bukan hanya kepala dinas, tetapi terhadap back office seperti operator dan hasilnya cukup baik.

''Alhamdulillah mendapatkan apresiasi terbaik satu dari Pemprov Jabar untuk layanan administrasi kependudukan,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jabar yang menetapkan Kota Sukabumi peringkat pertama kategori jumlah penduduk kecil dalam adminduk.

Fahmi berharap hal itu menjadi motivasi bagi Pemkot Sukabumi, khususnya Disdukcapil untuk terus memperbaiki kinerja terbaiknya. ''Kalau kali ini mendapatkan piala bergilir berharap ke depan memperoleh piala tetap sebagai wujud komjtmen untuk tetap mempertahankan prestasi,'' kata dia.

Capaian kinerja ini, terang Fahmi, akan semakin menguatkan berbagai inovasi yang telah dicanangkan oleh Disdukcapil. Baik berhubungan kependudukan untuk layanan online maupun digitalisasi.

Pemkot ingin mengeluarkan inovasi terbaik lainya agar masyarakat tidak perlu repot saat mengurus dokumen kependudukan. Harapannya, dengan layanan terbaik yang mudah dan cepat ini maka masyarakat dapat puas dan merasakan kehadiran pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement