Senin 08 Aug 2022 19:42 WIB

Ketegangan China-Taiwan Berlanjut, Indonesia Waspadai Dampak Ekonomi

China melanjutkan 'tekanannya' terhadap Taiwan seusai kunjungan Nancy Pelosi.

Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Xinhua, pesawat Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) melakukan latihan tempur bersama di sekitar Pulau Taiwan pada Minggu, 7 Agustus 2022. China mengatakan Senin bahwa pihaknya memperpanjang ancaman. latihan militer di sekitar Taiwan yang telah mengganggu pelayaran dan lalu lintas udara dan secara substansial meningkatkan kekhawatiran tentang potensi konflik di kawasan yang penting bagi perdagangan global.
Foto:

Meski nampaknya hubungan Taiwan dan China berada di titik terburuknya dalam beberapa dekade, para pengamat ekonomi belum melihat skenario terburuk. Dikutip dari Yahoo Finance, Ahad (7/8/2022) industri semi-konduktor yang penting bagi perekonomian Taiwan tidak kena sanksi. Sementara, blokade China terhadap Taiwan diperkirakan akan berakhir pada akhir pekan ini.

Namun, menurut Gedung Putih dan pengamat menilai tidak berarti perekonomian Taiwan dan pasar dunia bebas dari dampak memanasnya kawasan Indo-Pasifik.

"Kami tidak mencari, atau menginginkan krisis," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby, Kamis (4/8/2022) lalu.

Dampak ekonomi ketegangan militer mungkin akan terbatas bila China akhirnya menarik mundur kapal perang mereka sesuai jadwal yakin pada akhir pekan ini. Keluar-masuk kapal di Selat Taiwan yang saat ini terhenti juga diperkirakan akan segera kembali normal.

Salah satu konsekuensi ekonomi jangka panjanganya kapal-kapal akan enggan untuk berlayar di sekitar Taiwan terutama bila China terus mengungkapkan ketidaksukaannya ada kapal yang lewat selat tersebut.

"Anda dapat dengan mudah membayangkan bila jalur keluar dan masuk kapal Taiwan terancam dalam berbagai cara (kemudian tarif asuransi dapat naik) dan itu sesuatu yang penting," kata peneliti senior Center for International Security and Cooperation di Stanford, Herbert Lin pada Yahoo Finance.

In Picture: Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jin Ping

photo
Presiden Joko Widodo (kiri) memberikan salam kepada Presiden China Xi Jinping saat tiba untuk melaksanakan pertemuan bilateral di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, China, Selasa (26/7/2022). Kedua pemimpin negara tersebut melakukan pertemuan bilateral membahas penguatan kerja sama ekonomi hingga isu kawasan dan dunia. - (ANTARA/Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement