Selasa 02 Aug 2022 00:31 WIB

Petanesia Gelar Rakernas II di Mojokerto

Rakernas II merupakan ajang konsolidasi mencegah perpecahan Pemilu 2024

Pengurus DPP Petanesia menggelar konferensi pers rencana kegiatan Rakernas II Petanesia di Mojokerto.
Foto: istimewa/doc humas
Pengurus DPP Petanesia menggelar konferensi pers rencana kegiatan Rakernas II Petanesia di Mojokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO -- Pencinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) akan menggelar  Rapat Kerja Nasional II DPP Petanesia. Kegiatan ormas kebangsaan yang didirikan oleh Habib Luthfi Ali Bin Yahya ini, akan diselenggaran di Pondok Pesantren Kampus Institute KH Abdul Chalim, Mojokerto Jawa Timur,  5-7 Agustus 2022.

“Dalam Rakernas ini, ada agenda pelantikan pengurus hingga membuat rencana kerja Petanesia ke depan,” kata Ketua Steering Commitee (SC) yang juga Sekretaris Jenderal DPP Petanesia,  Sagara, dalam siaran pers, Senin (1/8/2022).

Rakernas II Petanesia ini, lanjutnya, sekaligus menjadi momen penting bagi Petanesia dalam memberikan kontribusi bagi negara dan bangsa.

Dijelaskan Bung Sagara, saat ini Indonesia segera menghadapi pesta demokrasi yang akan digelar pada 2024, yakni Pemilu Serentak dari mulai Pemilihan Legislatif hingga Pemilihan Presiden. Dalam menghadapi agenda besar rakyat Indonesia ini, Petanesia ingin turut memberi kontribusi, yakni menyatukan serta mengonsolidasikan seluruh elemen bangsa.

Pemilu 2024, menurut dia,  dikhawatirkan menimbulkan gesekan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Hal itu sebagaimana dialami pada Pemilu 2019 silam. "Untuk mencegah hal itu, kami dari Petanesia ingin turut membantu mengonsolidasikan seluruh elemen bangsa agar pemilu 2024 nanti potensi perpecahan bisa diminimalisasi,” papar dia.

Konsolidasi seluruh elemen bangsa sangat penting dalam menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Sekalipun dalam demokrasi lumrah ada gesekan, namun setidaknya tidak mengarah ke perpecahan.

"Dinamika dalam perhelatan demokrasi itu tidak masalah dan itu lumrah. Namun setidaknya dinamika itu tidak mengarah pada perpecahan,” ungkap Sagara yang merupakan bagian dari Keluarga Besar Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya ini.

Rakernas Petanesia nanti akan dihadiri Habib Luthfi dan pihaknya mengundang sejumlah tokoh nasinoal, antara lain Ketua Dewan Pembina BPIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Sigit, Kepala BIN Budi Gunawan, Panglima TNI Jenderal Andika, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Gubernur se-Jawa Bali, tokoh ulama serta tokoh masyarakat lainnya.

Ketua DPC PETANESIA Mojokerto, Gus Bara menyambut baik atas akan dilaksanakannya Rakernas Petanesia di Mojokerto. "Kami siap berkolaborasi dan mendukung penuh setiap kegiatan seluruh elemen bangsa dalam meneguhkan rasa cinta terhadap tanah air," kata Wakil Bupati Mojokerto itu.

Wakil Ketua Dewan Fatwa Kebangsaan DPP Petanesia, Prof Dr KH Asep Saepudin Chalim mengatakan, kondisi bangsa sekarang ini memerlukan ruang-ruang dialog kebangsaan. Dari hal itu diharapkan bisa menghadirkan gagasan nasional yang penuh dengan semangat kebersamaan. "Indonesia perlu membangun tatanan yang kuat dalam cara berpikir yang maju untuk masa depan bangsa yang berdaulat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement