Jumat 29 Jul 2022 13:32 WIB

Empat Pesepeda Tua Asal Bandung akan Mengelilingi Pulau Lombok

Pesepeda berusia 60-an akan menempuh perjalanan sejauh 1.200 kilometer.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pesepeda dari Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng (ilustrasi).
Foto: Aulia Dinda Prayanti (mgj3)
Pesepeda dari Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Empat pesepeda berusia 60-an tahun asal Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, yang sukses menempuh perjalanan sejauh 1.200 km dari Kota Bandung ke Pulau Bali pada Agustus 2021, akan mengelilingi Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Agustus 2022. Ronald Agusta (60 tahun), Asep Saefudin (60), Hendriyantara (60), dan Rachmat Bozo (67) berencana bersepeda mengelilingi Pulau Lombok pada 10-14 Agustus 2022.

Mereka sekaligus sambil memopulerkan ornamen khas Sasambo. "Jika dengan perjalanan dari Bandung menggunakan kereta ke Surabaya, Jawa Timur, dan menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sampai Pelabuhan Lembar, Lombok, waktunya dari 8 Agustus sampai 16 Agustus 2022," kata Ronald di Kota Mataram, Jumat (29/7/2022).

Ronald dan tiga kawannya berencana bersepeda mengelilingi Pulau Lombok dalam lima etape, etape satu dari Pelabuhan Lembar ke Kuta Mandalika (48 km), etape dua dari Kuta Mandalikake Suela (74 km), etape tiga dari Suela ke Senaru (53 km), etape empat dari Senaru ke Mataram (84 km), serta etape lima dari Mataram ke Lembar (21 km).

Mereka akan mengenakan jersey dengan ornamen Sasambo selama bersepeda mengelilingi Pulau Lombok. Sasambo merupakan akronim dari nama tiga suku besar yang ada di NTB, yaitu Sasak, Samawa, Mbojo. Ornamen Sasambo, yang sering digunakan dalam motif kain batik dan tenun, meliputi gambar rumah panggung, lumbung, kelotok sapi, tokek, gerabah, mutiara, daun pepaya, dan kangkung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement