Rabu 27 Jul 2022 20:24 WIB

AMPI Ancam Tindak Tegas Ketua KNPI Haris Pertama

AMPI meminta seluruh kader menjadi garda terdepan membela Airlangga Hartarto.

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Sosial DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Zieko CH Odang
Foto: Istimewa
Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Sosial DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Zieko CH Odang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Sosial DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Zieko CH Odang menilai pernyataan Ketua Umum KNPI Haris Pertama terkait Airlangga Hartarto berpotensi memunculkan konflik antarorganisasi. Menurutnya, Haris Pertama tidak pantas menuduh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai pemecah KNPI.

Zieko menegaskan, pernyataan Haris Pertama melukai simbol kehormatan organisasinya. “Pernyataan tersebut sangat berpotensi menimbulkan konflik, sebab terdapat harkat martabat yang telah tercoreng," tutur Zieko dalam keterangan, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga

Zieko menambahkan, Haris terlalu gegabah dan tidak berbicara berdasar intelektualitas ketika mengolok-olok Airlangga Hartarto. “Pertama, Haris ini siapa. Kedua, kok berani-beraninya berbicara seperti itu tentang Ketua Dewan Pembina kami,” tegas Zieko.

“Ini sudah melukai hati para kader AMPI dan mencoreng kehormatan organisasi serta akan kami tindak tegas. Pernyataan tersebut sangat tidak sesuai dengan sosok Pak Airlangga Hartarto, yang telah memberikan segalanya untuk Indonesia," lanjut Zieko.

AMPI menyarankan Haris seharusnya berbicara soal sinergisitas pemuda dan pemerintah, bukan melontarkan pernyataan sembrono dan menyerang pemerintahan. Terlebih, Airlangga merupakan sosok yang paling berjasa dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Presiden Joko Widodo telah memercayakan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut.

Zieko menuturkan, banyak sumbangsih yang sudah diberikan Airlangga selama memimpin Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Antara lain, anggaran PCPEN tahun 2022 sebesar Rp 455,62 triliun berdasar data dari Kemenkeu, yang berhasil didistribusikan secara merata.

Sehingga masyarakat secara perlahan bisa terlepas dari tekanan pandemi. Serta beragam program lanjutan vaksinasi, insentif untuk para tenaga kesehatan, jaminan kehilangan pekerjaan, serta dukungan UMKM untuk pemulihan ekonomi nasional.

Ditemui secara terpisah, Ketua Umum DPP AMPI, Jerry Sambuaga, menegaskan akan merespons pernyataan Haris Pertama dengan serius. “Instruksi saya sudah jelas kepada seluruh Kader AMPI di pelosok negeri, jadilah garda terdepan untuk membela marwah Bapak Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Pembina DPP AMPI,” tegas Jerry Sambuaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement