Senin 25 Jul 2022 11:24 WIB

Pentingnya Entrepreneurship Mindset Bagi Seorang Pebisnis

Entrepreneurship mindset jadi modal awal sekaligus pondasi agar sukses berwirausaha

Entrepreneurship mindset menjadi modal awal sekaligus pondasi agar sukses berwirausaha.
Foto: UBSI
Entrepreneurship mindset menjadi modal awal sekaligus pondasi agar sukses berwirausaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi seorang pebisnis, mempunyai entrepreneurship mindset menjadi modal awal sekaligus pondasi agar sukses berwirausaha. Tak hanya pandai dalam memasarkan barang, entrepreneurship adalah cara bagaimana sebuah barang bisa mempunyai nilai jual.

Entrepreneurship juga merupakan kemampuan seseorang untuk memberi nilai tambah pada produk atau jasa, serta harus memunculkan sisi kreatif dan inovatifnya. Sementara itu, entrepreneur mindset merupakan proses berpikir dan cara memandang dunia yang mendorong perilaku wirausaha.

Baca Juga

Hal itu pula yang diterapkan lembaga BSI Entrepreneur Center (BEC) kepada mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) yang ingin memasuki dunia usaha. Kepala BEC Fuad Nur Hasan mengatakan seseorang tidak akan bisa sukses saat pola pikir yang ditanamkannya tidak bersinergi dengan apa yang diinginkan.

“Ketika seseorang ragu, maka di saat itulah mindset orang tersebut tidak bekerja. Entrepreneurship mindset itu sangat penting dan dibutuhkan bagi seorang entrepreneur,” kata Fuad dalam keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

 

Fuad membeberkan beberapa mindset yang dibutuhkan seorang entrepreneur, yaitu:

1. Aktif mencari peluang baru

Sering-seringlah mengunjungi situs atau media sosial yang membagikan tentang ide-ide kreatif, profil para pengusaha muda, serta ide-ide gila yang ada di luar sana tanpa batas. Kemudian, keluarlah dan bergaul dengan orang-orang baru untuk menghadirkan peluang karena aset terbaik kita adalah diri sendiri.

2. Berani mengambil risiko

Setelah sudah meraih peluang, selanjutnya harus berani mengambil risiko. Biasanya saat seseorang sudah mendapatkan peluang, ada beberapa masalah yang sering menjadi kendala. Mulai dari timbul mindset tidak mau lelah, tidak mau repot, atau tidak mau waktu istirahatnya terganggu. Semua itu harus diganti dengan mindset berani mengambil risiko.

3. Memiliki visi besar

Selain hal di atas, kamu juga harus memiliki visi yang besar. Seorang pebisnis tidak hanya bertanggung jawab kepada dirinya sendiri tapi juga bertanggung jawab terhadap dirinya dan mimpinya.

4. Jangan pernah berhenti belajar

Mindset tidak pernah berhenti belajar apa pun yang linear dengan bisnis harus tertanam. Semua hal yang bisa memberikan manfaat harus terus dikorek sampai ke akarnya. Hal itu akan menjadi investasi berharga di bisnis kamu.

5. Berorientasi kepada tindakan

Jangan hanya membicarakan atau mengkritik tapi tidak mau langsung beraksi atau langsung turun ke lapangan.

Setelah menanamkan beberapa mindset di atas, kamu juga perlu meng-upgrade mindset entrepreneurship yang bisa bekerja dalam tim, mengambil dan mengelola risiko, mengenal target pasar, punya rencana jelas dan terukur, lalu mencintai bisnis sendiri.

“Tujuan utama dari menanamkan entrepreneurship mindset dalam diri pebisnis, selain untuk menjadi pebisnis yang sukses juga untuk mengubah citra keluarga dan mengubah citra diri,” katae Fuad.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement