Rabu 20 Jul 2022 23:55 WIB

Soal Renovasi Anjungan di TMII, Kepala Daerah Ikuti Arahan Mendagri dan Mensesneg

Tito meminta para kepala daerah agar memugar anjungan daerah mereka masing-masing.

Sejumlah pekerja meninjau perbaikan Teater Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (12/7/2022). Progres revitalisasi TMII secara fisik telah mencapai sekitar 70 hingga 80 persen dan ditargetkan rampung bulan ini untuk KTT G20. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pekerja meninjau perbaikan Teater Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (12/7/2022). Progres revitalisasi TMII secara fisik telah mencapai sekitar 70 hingga 80 persen dan ditargetkan rampung bulan ini untuk KTT G20. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, meminta para kepala daerah agar memugar anjungan daerah mereka masing-masing di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Tito sudah berkomunikasi dengan para gubernur. 

Merespons ini sejumlah Gubernur bergerak cepat melakukan arahan yang disampaikan Mendagri Tito dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno saat melakukan meninjau area revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Baca Juga

Hingga Selasa (20/7/2022), tercatat beberapa gubernur telah meninjau langsung dan berkomitmen segera merenovasi anjungannya di TMII, yaitu Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Lampung Arianal Djunaidi, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Gubernur Maluku Murad Ismail. Sementara itu Gubenur Riau Syamsuar sudah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan perbaikan, dan juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sultra) yang sudah kirim Tim perbaiki anjungan di TMII Jakarta seperti yang sudah diarahkan Mendagri dan Mensesneg sebelumnya.

Dalam keterangannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, akan merenovasi kondisi Anjungan Jatim di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta sebagai salah satu upaya mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Pembenahan akan dikebut sejalan dengan renovasi secara luas yang dilakukan Pemerintah Pusat di area TMII, dan diharapkan selesai sebelum pelaksanaan KTT G20 Oktober 2022,” ujar Khofifah.

“Selain itu, upaya ini juga menindaklanjuti arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang meminta para kepala daerah merenovasi anjungan daerahnya masing-masing di TMII,” kata dia menambahkan.

Senanda dengan itu, Kepala Badan Penghubung provinsi Riau Ridho Adriansyah mengatakan, pascakunjungan dua menteri ke TMII tersebut, Gubenur Riau Syamsuar dan Sekertaris daerah (Sekda) provinsi Riau SF Hariyanto sudah memerintahkan pihaknya untuk melakukan pendataan.

"Setelah adanya kunjungan dua menteri tersebut, kami akan segera rapatkan untuk melakukan pembahasan tindak lanjutnya. Hal ini juga sesuai perintah pak gubenur dan pak sekda," kata Ridho.

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra Pahri Yamsul akan mengirim Tim Engineering dua orang untuk memperbaiki kerusakan Anjungan Sultra di TMII. Tim engineering itu terdiri tenaga arsitek dan sipil yang bertugas untuk mengecek dan memperbaiki langsung kerusakan Anjungan Sultra di TMII. 

"Sudah kirim ke sana dua orang engineer untuk berangkat langsung ke Jakarta, mengindentifikasi tingkat kerusakannya," ungkap Pahri.

Seperti diketahui, mewakili pemerintah pusat, Mensesneg Pratikno menyampaikan, kedatangan rombongannya ke TMII untuk meninjau perkembangan terakhir dari renovasi.

Berdasarkan hasil peninjauan, diketahui telah banyak perkembangannya. Mulai dari segi infrastruktur yang saat ini diperbaiki oleh Kementerian PUPR maupun pembenahan anjungan-anjungan provinsi.

"Terkait dengan anjungan provinsi monggo (direnovasi), kalau anjungan K/L (kementerian/lembaga) saya tadi sudah menghubungi beberapa menteri, misalnya Kominfo, ESDM, Kemenhan, dan lain-lain, untuk segera juga memperbaiki agar sejalan dengan desain yang baru. Seperti saudara-saudara lihat di sini Archipelago sudah hampir jadi," kata Pratikno, seperti dilansir dari Antara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement