Rabu 20 Jul 2022 05:27 WIB

Munas IV Senkom Mitra Polri Bahas Optimalisasi Peran Hingga Pemilihan Ketua

Munas IV Senkom Polri diikuti 35 Provinsi secara daring dan luring

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
 Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto (kanan), mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai membuka secara resmi Munas IV Senkom Polri, Selasa (19/7/2022).
Foto: Dok Istimewa
Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto (kanan), mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai membuka secara resmi Munas IV Senkom Polri, Selasa (19/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Senkom Mitra Polri menggelar Munas IV. Munas yang digelar pada 19-20 Jul di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat Senkom Mitra Polri) Sawangan Depok ini membahas sejumlah agenda penting, salah satunya pemilihan ketua. 

Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto, mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka secara resmi Munas yang bertemakan “Menuju indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” ini.   

Baca Juga

Arif mengatakan Munas IV Senkom Polri merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi. Pemilihan Ketua Umum adalah mekanisme dalam Munas. 

“Maka siapapun yang terpilih jangan bikin sempalan, Senkom yang sudah baik jangan dirusak hanya masalah sepele,” kata dia saat membuka Munas.      

Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Katno Hadi, mengatakan selama 18 tahun Senkom Mitra Polri menghadapi berbagai masalah bidang kamtibmas terutama era revolusi industri 4.0 dengan Prima (Profesional, Responsif, Inovatif, Modern, dan Akuntabel). 

“Kita berusaha dan berjuang untuk terus maju walaupun dihadapkan pada banyak tantangan dan hambatan,” ujar dia. 

Dia menjelaskan, sebagai organisasi masyarakat yang mandiri dan berkiprah secara nasional dengan visi terwujudnya senkom sebagai organisasi kemasyarakatan yang berevolusi industri 4.O di bidang Kamtibmas sekaligus membawa misi yaitu menjadikan senkom mitra polri yang prima, yakni profesional, inovatif, modern, dan akuntabel.

Katno mengakatan dalam kiprahnya Senkom Mitra Polri terus mengukir prestasi di berbagai bidang kehidupan yang menyentuh kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara sebagai dedikasi dan karya nyata. 

Dia menambahkan, Senkom Mitra Polri memiliki MoU dengan Mabes Polri substansinya, Senkom membantu pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, Senkom berperan aktif dalam pengamanan kegiatan masyarakat, apel gelar pasukan, tracer Covid-19 dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan secara serentak diikuti seluruh anggota di semua tingkatan.  

Selain itu, kata dia, Senkom seringkali hadir untuk memberikan andil dalam kegiatan-kegiatan seperti pengamanan hari besar keagamaan, membantu kebencanaan dan kegiatan bela Negara. Untuk hal ini, Senkom Mitra Polri memiliki beberapa Nota Kesepahaman (MOU) dengan Instansi Pemerintah yaitu dengan Mabes Polri dan Badan Narkotika Nasional untuk Kamtibmas, MOU dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Basarnas untuk kebencanaan serta dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk Bela Negara. 

Munas digelar secara luring dan daring. Peserta luring adalah perwakilan 35 Provinsi sementara 450 pengurus kota dan kabupaten mengikuti secara daring dari studio masing-masing melalui jaringan Senkom digital comunication (sdc). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement