Ahad 17 Jul 2022 22:07 WIB

Kurva Pandemi Covid-19 Naik, Kemenkes: Sudah Diprediksi Sejak Awal

Puncak kasus diprediksi pekan kedua hingga keempat Juli.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi virus corona.
Foto:

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, saat ini jumlah test di Indonesia masih kurang dari 100 ribu orang seharinya. Padahal penduduk Indonesia mungkin 3 atau 4 kali lebih banyak dari Inggris.

"Perlu kita ketahui bahwa jumlah test di Inggris dalam seminggu, menurut laman https://coronavirus.data.gov.uk/ adalah sekitar 1,5 juta test, tepatnya 1.449.568 pemeriksaan virus dalam seminggunya, atau lebih dari 200 ribu seharinya, dan nampaknya terus meningkat. Sementara kita tahu di Indonesia jumlah test masih kurang dari 100 ribu orang seharinya, padahal penduduk Indonesia mungkin 3 atau 4 kali lebih banyak dari Inggris," terang Tjandra.

Artinya, bila ingin mengetahui bagaimana situasi COVID-19 yang sebenarnya di lapangan maka jumlah test harian harus dinaikkan beberapa kali lipat lagi. Menurut Tjandra, hanya dengan data yang tepat, baru dapat merumuskan kebijakan yang terbaik untuk melindungi anak bangsa.

Berdasarkan laporan mingguan COVID-19 dunia oleh WHO versi 13 Juli 2022 memang menyebutkan bahwa jumlah kasus terus meningkat dalam 5 minggu belakangan ini. Pada periode 4 sampai 10 Juli 2022 ada 5,7 juta kasus baru di dunia.

"Kalau di dunia terus meningkat maka dapat diperkirakan juga akan ada peningkatan di negara kita, dan untuk kita harus waspada," ucap Tjandra.

Ia mengatakan, ada tiga hal yang sejak sekarang harus terus dilakukan. Pertama penerapan protokol kesehatan dengan ketat, kedua meningkatkan jumlah testing dan telusur (“tracing”) secara masif dan ketiga peningkatan vaksinasi termasuk booster.

 

"Masih tiga perempat penduduk kita belum dapat booster dan masih sekitar sepertiga penduduk kita yang belum mendapat vaksinasi lengkap," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement