Ahad 17 Jul 2022 21:20 WIB

Managing Director IMF Puji Transformasi Sarinah dan Indonesia

Managing Director IMF terkahir datang ke Indonesia pada 20 tahun lalu.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Dwi Murdaningsih
Kunjungan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva menjadi momen bersejarah bagi Sarinah pada Minggu (17/7/2022).
Foto: istimewa
Kunjungan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva menjadi momen bersejarah bagi Sarinah pada Minggu (17/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Managing Director IMF Kristalina Georgieva memuji perubahan besar Indonesia yang dinilai sangat maju dari sisi infrastruktur. Pujian itu disampaikan Kristalina saat bertemu Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, Ahad (17/7/2022). 

Kristalina yang terakhir kali ke Jakarta pada 20 tahun lalu takjub dengan pembangunan segala bidang Indonesia. Pembangunan itu termasuk transformasi gedung bersejarah Sarinah Thamrin yang dinilai sebagai kebangitan ekonomi Indonesia dengan motor usaha kecil dan mikro.

Baca Juga

"Saya sangat bersyukur dapat mengunjungi tempat ini yang menjadi simbol Indonesia. Sangat bagus. Saya sudah 20 tahun tidak ke Jakarta. Semua kini sangat bertransformasi. Perkembangan infrastruktur yang luar biasa," ujar Kristalina.

Kristalina memuji Sarinah yang menjadi rumah bagi usaha kecil dan mikro Indonesia. Menurutnya usaha mikro dan kecil adalah motor Indonesia yang kini menjadi salah satu titik cerah pertumbuhan ekonomi dunia. 

"Tempat ini (Sarinah) menjadi menjadi rumah dari usaha mikro dan kecil.  Indonesia adalah titik cerah perekonomian dengan lima persen angka pertumbuhan. Inflasi yang sangat rendah dibanding negara dunia lain. Dan yang paling penting adalah pertumbuhan dari ekspor terutama dari kalangan usaha kecil dan mikro ini. Bravo untuk anda semua," ucap Kristalina.

Kristalina mengatakan kedatangannya juga terkait dengan persiapan G20. Dia secara khusus memuji peran pemerintah Indonesia sebagai pemimpin G20. 

"Saya juga berkesempatan bertemu Presiden Jokowi yang merupakan pemimpin besar bagi negeri ini dan G20. Kami membahas berbagai kebijakan yang akan membuat Indonesia semakin kuat," lanjutnya.

Kristalina juga menyebut Jokowi sangat senang dengan kunjungannya ke Sarinah. Perubahan Sarinah yang diinisiasi Erick Thohir dan Kementerian BUMN dinilai menjadi simbol dari betapa pesatnya kemajuan Indonesia di era pemerintahan Jokowi.  

Sarinah dinilai tak sekadar pembangunan infrastruktur tapi menjadi spirit pembangunan perekonomian Indonesia dengan motor pelaku usaha kecil dan mikro.  

"Saya juga berbicara dengan beliau (Presiden Jokowi) soal kunjungan hari ini (ke Sarinah), wajahnya sangat cerah karena perubahan yang telah anda hasilkan dari tempat ini. Saya akan terbang malam ini tapi Indonesia akan selalu di hati saya," kata Kristalina menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement