Jumat 15 Jul 2022 11:18 WIB

Tarif Tol Pondok Aren-Serpong tak Naik pada Penyesuaian Tarif 2022

Jalan tol mengalami penyesuaian tarif setiap dua tahun sekali.

Rep: Eva Rianti/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol ruas Serpong-Pondok Aren, di Gerbang Tol Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten (ilusrasi)
Foto: Muhammad Iqbal/Antara
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol ruas Serpong-Pondok Aren, di Gerbang Tol Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten (ilusrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Tarif tol Pondok Aren-Serpong dikabarkan tidak mengalami perubahan, baik penurunan maupun kenaikan pada penyesuaian tarif 2022. Dengan demikian, semua golongan, baik dari golongan I hingga V masih dikenai tarif tetap dari Rp 7.000 hingga Rp 16 ribu. 

"Merujuk Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 569/KPTS/M/2022 tentang Penyesuaian tarif tol ruas Pondok Aren-Serpong telah ditetapkan bahwa mulai 17 Juli 2022 tidak ada perubahan tarif (tarif tetap) untuk ruas tersebut," ujar Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Purwoto kepada wartawan di Tangsel, Jumat (15/7/2022). 

Baca Juga

Sesuai dengan peraturan yang berlaku pada Kementerian PUPR, jalan tol mengalami penyesuaian tarif setiap dua tahun sekali. Kebijakan itu tidak selalu berimbas pada naiknya tarif tol karena perhitungannya berlandaskan pada angka inflasi di daerah terkait serta evaluasi pemenuhan standar pelayanan minimum (SPM) jalan tol. 

"Tol BSD tidak mengalami perubahan atau tetap, karena inflasi Kota Tangerang Selatan dua tahun terakhir ini di angka 2,46 persen, sehingga secara perhitungan kelipatannya tidak memenuhi kenaikan," tutur Purwoto. 

Sementara terkait dengan SPM, Purwoto menyebut sudah maksimal. Baik terkait kondisi jalan tol, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, serta bantuan layanan. 

Ruas Jalan Tol Pondok Aren–Serpong yang dikelola PT BSD, anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) memiliki panjang 7,25 km. Tol tersebut saat ini mempunyai dua gerbang tol (GT) yakni GT Pondok Aren 1 dan GT Pondok Aren 2 yang terdiri dari tujuh gardu.

Tarif yang diberlakukan untuk Jalan Tol Pondok Aren-Serpong yakni: 

Golongan I: Rp 7.000

Golongan II: Rp 13.500

Golongan III: Rp 13.500

Golongan IV: Rp 16.000

Golongan V: Rp 16.000.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement