Rabu 13 Jul 2022 21:13 WIB

Apparel Lokal Dukung Gelaran KFJ Parade League 2022 dan Liga Futsal Bantul 2022

Pertandingan tersebut digelar untuk memberikan wadah bagi masyarakat.

Futsal ilustrasi.
Foto: EPA/MORELL
Futsal ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Futsal adalah salah satu cabang olahraga yang cukup populer di dunia. Seperti halnya sepak bola, dalam permainan futsal tujuan utama adalah harus memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin untuk meraih kemenangan.

Namun, perbedaannya adalah futsal hanya dimainkan masing-masing lima orang tiap tim. Kedamaian, ukuran lapangan dan gawang dalam olahraga futsal lebih kecil daripada sepak bola. 

Baca Juga

Mayoritas lapangan futsal juga ada dalam ruangan atau indoor. Secara umum memang sama dengan sepak bola, namun hanya skalanya saja yang lebih kecil.

Lantas, bagaimana perkembangan olahraga ini di tanah air? Di Indonesia, futsal tidak lagi dipandang sebelah mata dan bahkan lebih populer. Futsal mulai dikenal dimasyarakat sekitar tahun 2000-an.

Pada tahun 2002, Indonesia kemudian dipercaya oleh AFC untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Futsal Piala Asia. Kini, permainan futsal semakin ramai dimainkan dimana saja.

Di berbagai daerah, mulai bermunculan arena futsal yang hampir tidak pernah sepi pengguna. Begitu tingginya minat terhadap futsal sempat terhenti sejenak imbas dari Pandemi Covid-19 yang melanda pada awal 2020 lalu. 

Beruntung, kondisi mulai membaik hampir dua tahun berselang dan membuat olahraga ini bergelora kembali. Menjadi bagian yang secara tidak langsung terlibat dalam dunia olahraga, produsen Apparel Parade ingin memberikan kontribusi lebih dan bekerja sama dengan beberapa komunitas futsal di daerah Yogyakarta.

Untuk menumbuhkan minat masyarakat dan menyemarakkan kembali pertandingan futsal yang sempat vakum karena situasi pandemi, Parade menghadirkan KFJ Parade League 2022 dan Liga Futsal Bantul 2022.

Kedua ajang ini diselenggarakan di dua tempat yang berbeda. Liga Futsal Bantul 2022 diselenggarakan di lapangan Futsal 4R Jl. Parangtritis Selatan 161, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta 55153. 

Kemudian, KFJ Parade League 2022 diselenggarakan di Jogokaryan Futsal di Jl. Jogokaryan No.65, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Yogyakarta 55143.

Total, ada lebih dari 30 tim futsal yang terlibat dalam kompetisi tersebut.  Gelaran tersebut dapat diselenggarakan hasil dari kerjasama antara Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Bantul dan Komunitas Futsal Jogja (KFJ) dengan Parade Apparel.

KFJ Parade League dimulai pada tanggal 14 Mei 2022 dan digelar pada akhir pekan setiap hari Sabtu. KFJ Parade League akan berlangsung hingga akhir tahun 2022.

Untuk Liga Futsal Bantul 2022 dimulai pada tanggal 15 Mei 2022 dan diselenggarakan pada akhir pekan setiap hari Minggu. Kemudian akan berakhir pada akhir bulan Juni 2022.

Peserta Liga Futsal Bantul 2022 akan dibagi menjadi dua grup pertandingan, grup Divisi Utama yang melibatkan 8 team dan grup Divisi Super yang melibatkan 10 team. Kedua grup dalam Liga Futsal Bantul 2022 akan memperebutkan hadiah dengan total 22 juta rupiah.

Berbeda dengan Liga Futsal Bantul, KFJ Parade League dibagi menjadi tiga grup pertandingan. Yakni, pertandingan Liga 3 memperebutkan hadiah sebesar 7 Juta rupiah, pertandingan Liga 2 memperebutkan hadiah sebesar 10 juta rupiah dan Liga 1 memperebutkan hadiah sebesar 20 juta rupiah.

Pertandingan tersebut digelar untuk memberikan wadah bagi masyarakat Yogyakarta, khususnya untuk mereka yang menyukai olahraga futsal agar bisa menyalurkan dan mengembangkan potensi. Serta meramaikan kembali dunia perolahragaan terutama olahraga futsal yang sempat vakum dua tahun terakhir karena pandemi covid-19.

“Harapan kedepannya dengan dilaksanakannya kedua pertandingan futsal ini dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga futsal agar semakin populer.  Selain itu pertandingan ini bisa juga menjadi wadah yang positif bagi masyarakat Jogja, khususnya anak-anak muda tidak hanya untuk menghabiskan waktu luang tetapi juga sebagai wadah untuk mengembangkan potensi diri,” ujar Direktur Parade Apparel, Sang Aji Cahyo H, Rabu (13/7/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement