Senin 11 Jul 2022 16:39 WIB

Kantor Pos di Sumba Timur Salurkan Daging Qurban untuk Dhuafa

Ada 150 orang yang mendapatkan daging qurban itu, baik Muslim maupun non-Muslim.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Panitia kurban menata daging kurban (ilustrasi). BUMN PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos Waingapu di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menyembelih enam ekor hewan kurban untuk disalurkan kepada kaum dhuafa di Sumba saat Idul Adha 1443 Hijriah.
Foto: ANTARA/Rahmad
Panitia kurban menata daging kurban (ilustrasi). BUMN PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos Waingapu di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menyembelih enam ekor hewan kurban untuk disalurkan kepada kaum dhuafa di Sumba saat Idul Adha 1443 Hijriah.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- BUMN PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos Waingapu di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menyembelih enam ekor hewan kurban untuk disalurkan kepada kaum dhuafa di Sumba saat Idul Adha 1443 Hijriah.

Manajer Eksekutif Kantor Pos Cabang Waingapu Hannan saat dihubungi dari Kupang, Senin (11/7/2022), mengatakan, penyembelihan dan penyaluran daging qurban bagi kaum dhuafa itu dilakukan melalui Program "Berbagi Qurban Bersama Kantor Pos Waingapu". "Tahun lalu kita lakukan di Kabupaten Timor Tengah selatan (TTS) SoE di daerah pedalaman dan tahun ini untuk keempat kalinya kita lakukan lagi," kata dia.

Baca Juga

Hannan menjelaskan bahwa enam ekor hewan qurban yang terdiri atas dua ekor sapi dan empat ekor kambing itu diperoleh dari sejumlah donatur dari berbagai daerah di Indonesia seperti Semarang, Jakarta, Bandung dan beberapa daerah lainnya. Berbeda dengan tahu lalu pihaknya langsung menyerahkan ke masjid-masjid, kali ini penyembelihan dilakukan sendiri dan dibagikan secara langsung kepada warga di daerah itu.

"Tidak hanya kaum dhuafa, fakir miskin dan warga tidak mampu dari umat Islam, tetapi pemberian daging qurban juga diberikan kepada umat beragama lain seperti Kristen, Katolik, atau umat agama lainnya," kata Hannan.

 

Iamengatakan bahwa ada 150 orang yang mendapatkan daging qurban itu. Masing-masing orang mendapatkan dua kilogram daging qurban. Dijelaskannya, Kantor Pos Waingapu juga ikut memberikan qurban karena pihaknya juga ingin berbagi bersama saudara-saudari umat Muslim dan juga non-Muslim yang berada di Kabupaten Sumba Timur.

"Selain itu juga tujuan lain karena kami ingin memberdayakan peternak lokal di kabupaten-kabupaten di Pulau Sumba, khususnya di Sumba Timur," tambah dia.

Di samping itu, kehadiran salah satu badan usaha milik negara (BUMN) di daerah itu juga bagi dari representasi negara untuk menunjukkan bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. "Kita juga berharap agar ke depannya melalui program ini banyak orang bisa ikut berkurban sehingga warga atau umat Islam dan kaum dhuafa yang sulit mendapatkan hewan kurban bisa merasakan mendapatkan qurban seperti masyarakat di daerah perkotaan lainnya," demikian Hannan.

Sebelumnya, pada Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi, BUMN PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur menyalurkan secara langsung empat ekor hewan qurban sapi di empat masjid di daerah pelosok di kabupaten itu, yang jarang mendapatkan daging kurban.

Ketua Panitia Qurban Kantor Pos Soe Kabupaten TTS Shabrina Nora Zhafirah mengatakan bahwa penyaluran hewan qurban ke masjid-masjid di daerah pelosok itu sudah dilakukan untuk ketiga kalinya melalui Program "Mari Ber-Qurban di Tanah Timor NTT Bersama Kantor Pos SoE". Lokasi masjid terjauh penyaluran hewan qurban adalah Masjid Nurul Mubin Wini di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, kata Fira, panggilan karib Shabrina Nora Zhafirah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement