Senin 11 Jul 2022 01:31 WIB

Kawasan Cipelang Herang akan Jadi Ikon Wisata Baru Sukabumi

Pembangunan Cipelang Herang di Sukabumi hampir selesai

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini
BPBD dan relawan membersihkan Sungai Cipelang, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi dari sampah, Sabtu (18/6/2022).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
BPBD dan relawan membersihkan Sungai Cipelang, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi dari sampah, Sabtu (18/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kawasan di sepanjang pinggir Sungai Cipelang Kota Sukabumi akan menjadi salah satu ikon wisata baru. Hal itu menyusul pembangunan Cipelang Herang di sepanjang Sungai Cipelang Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh sudah hampir rampung

''Cipelang Herang sudah hampir selesai pelaksanaanya, semangatnya bagaimana untuk mengentaskan kekumuhan dan jadi ikon wisata baru di Kota Sukabumi,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi saat meninjau lokasi tersebut, Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga

Nantinya setelah selesai 100 persen akan diaktivasi agar menjadi ikon membanggakan bagi warga Sukabumi. Menurut Achmad Fahmi, Cipelang Hewang akan menjadi daya ungkit bagi perekonomian warga. Sehingga, selain meningkatkan indeks kebahagian bagi warga juga mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar. Selain itu, angka kesehatan meningkat dan semangat pendidikan meningkat di tengah warga. Di sisi lain kawasan kumuh di Sukabumi berkurang, awalnya pada 2015 lalu jumlahnya mencapai 139 hektare dan kini tersisa sebanyak 8 hektare dan akan segera dituntaskan.

Program Cipelang Herang mendapatkan dukungan dana dari pemerintah pusat. Pengembangannya akan dikoordinasikan dengan Kabupaten Sukabumi karena daerah perbatasan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement