Kamis 16 Jun 2022 12:17 WIB

Kasus Covid-19 Naik Lagi, Pertanda Apa?

Kasus Covid-19 kembali menunjukkan peningkatan.

Covid-19 (ilustrasi). Penambahan kasus Covid-19 kembali menunjukkan peningkatan.
Foto: www.pixabay.com
Covid-19 (ilustrasi). Penambahan kasus Covid-19 kembali menunjukkan peningkatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama mencermati kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik. Ia mengatakan kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia beberapa pekan terakhir menunjukkan pandemi masih berlangsung.

"Kenaikan kasus Covid-19 kembali menegaskan, kondisi saat ini masih dalam pandemi, dan situasi dapat saja sulit diperkirakan," katanya ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Selain itu Guru Besar Fakultas Kedokteran UI itu juga menjelaskan bahwa saat ini perlu dicari dengan lebih pasti penyebab kenaikan kasus. Itu dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yakni meningkatkan pengurutan genom menyeluruh atau whole genome sequencing (WGS) sesuai proporsi dan penyelidikan epidemiologi mendalam pada semua atau sebagian besar kasus.

"Data baru menunjukkan ada 20 orang yang terkonfirmasi subvarian BA.4 atau BA.5, sementara peningkatan kasus sepanjang Juni sudah ribuan," kata Prof Tjandra.

 

Menurut Prof Tjandra, untuk menyikapi kenaikan kasus pada saat ini, masyarakat perlu tetap menjaga protokol kesehatan sesuai aturan yang kini berlaku. Lalu, vaksinasi juga perlu terus ditingkatkan, mulai dari dosis pertama hingga dosis ketiga (penguat).

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement