Rabu 15 Jun 2022 14:35 WIB

Dilantik Jadi Mendag, Ini Harta Kekayaan Zulkifli Hasan

Presiden Jokowi mengangkat Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Zulkifli ditunjuk sebagai menteri setelah menggeser kursi yang sebelumnya diduduki Muhammad Lutfi.

Resmi diangkat sebagai pembantu presiden, berikut harta kekayaan Zulkifli Hasan;

Baca Juga

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikutip Rabu (15/6/2022) Zulkifli tercatat memiliki harta kekayaan dengan total sekitar Rp 32,81 miliar. Harta tersebut terdiri dari aset bergerak dan tidak bergerak, surat berharga serta kas dan setara kas.

Berdasarkan LHKPN tersebut, Zulkifli diketahui memiliki delapan petak tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Timur. Zulkifli juga tercatat memiliki tanah di Kota Bogor. Total keseluruhan nilai aset tersebut yakni sekitar Rp 12,98 miliar.

Mantan wakil ketua MPR RI itu juga diketahui memiliki sejumlah aset lain seperti dua Toyota Alphard masing-masing tahun perakitan 2009 dan 2019. Total kedua aset tersebut Rp 1,1 miliar.

Zulkifli juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 1,5 miliar. Mantan menteri kehutanan ini juga memiliki surat berharga Rp 4,99 miliar ditambah kas dengan setara kas sebesar Rp 12,23 miliar dan tercatat tidak memiliki utang.

Zulkifli diketahui melaporkan harta kekayaan miliknya untuk periodik 2021 tersebut pada 27 Maret 2022 lalu.  Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, menyampaikan LHKPN dengan kapasitas sebagai anggota legislatif alias wakil ketua MPR RI.

Zulkifli Hasan dilantik sebagai menteri bersamaan dengan mantan panglima TNI, Hadi Tjahjanto yang dilantik menjadi menteri ATR/BPN menggantikan Syofyan Djalil. Jokowi juga melantik Raja Juli Antoni sebagai wakil menteri ATR/BPN, John Wempi Watipo menjadi wakil menteri dalam negeri dan Afriansyah Noor sebagai wakil menteri ketenagakerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement