Sabtu 11 Jun 2022 14:57 WIB

Pakar: Kenaikan Kasus Covid-19 Jadi Alarm Kewaspadaan

Tren kenaikan kasus Covid-19 tidak bisa dipandang sebagai hal yang biasa-biasa saja

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Christiyaningsih
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR di Jakarta. Tren kenaikan kasus Covid-19 tidak bisa dipandang sebagai hal yang biasa-biasa saja. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR di Jakarta. Tren kenaikan kasus Covid-19 tidak bisa dipandang sebagai hal yang biasa-biasa saja. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Tjandra Yoga Aditama mengatakan kenaikan kasus Covid-19 saat ini memang belum membahayakan. Namun, kenaikan kasus saat ini menjadi alarm kewaspadaan.

"Ini adalah alarm kewaspadaan, mudah-mudahan dengan penanganan yang tepat di hari-hari ini maka situasi akan dapat lebih terkendali. Kenaikan kasus ini juga menunjukkan bahwa masih cukup banyak unpredictibility dalam hal Covid-19 ini, di Indonesia dan di dunia," kata Tjandra kepada Republika, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga

Tjandra mengatakan setidaknya ada empat hal tindakan yang dapat dilakukan pemerintah. Pertama, diharapkan pemerintah segera melakukan analisis kenapa ada kenaikan sampai dua kali lipat ini.

"Harus dianalisis apakah karena BA.4 dan BA.5 (atau varian/sub-varian lain, atau masih merupakan dampak libur lebaran yang sudah hampir dua bulan berlalu, atau ada sebab lain," tutur Tjandra.

Selanjutnya, untuk mengetahui tentang ada tidaknya varian/subvarian, Tjandra mendorong agar pemeriksaan whole genome sequencing ditambah jumlahnya. Kemudian, prinsip dasar surveilans, penyelidikan epidemilogi (PE), dan penelusuran kasus juga harus tetap diterapkan dengan ketat.

"Misalnya, jumlah kasus baru kemarin sekitar 600 orang, dan sebaiknya semuanya di lakukan PE, toh jumlahnya belum terlalu banyak," terangnya.

Terakhir, sesudah ditemukan penjelasan kenapa kasus naik yang berlandaskan dasar ilmiah, maka harus segera diinformasikan ke publik luas. Hal ini wajib dilakukan agar masyarakat dapat lebih mengambil sikap secara proporsional.

Sementara masyarakat, kata Tjandra, harus tetap menjaga protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Apabila ada keluhan atau ada kemungkinan kontak, maka segera memeriksakan diri dan melakukan tes.

"Untuk yang belum divaksin dan dibooster, segeralah mendapatkannya. Untuk mereka dengan risiko tinggi akan amat baik kalau mendapat booster kedua, sebagaimana juga sudah diterapkan di negara lain," ujarnya.

Tjandra menekankan tren kenaikan kasus ini jelas tidak bisa dipandang sebagai hal yang biasa-biasa saja. Akan tetapi kondisi ini jangan disikapi dengan kepanikan tanpa dasar yang jelas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement