Selasa 07 Jun 2022 10:07 WIB

Wagub DKI Jawab Tudingan Giring Balapan Formula E tidak Sukses

Riza menegaskan, kepentingan Formula E mendukung program langit biru Jakarta.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pembalap tim Rokit Venturi Racing Lucas Di Grassi memacu mobilnya pada balapan Formula E seri kesembilan Jakarta E-Prix 2022 di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pembalap tim Rokit Venturi Racing Lucas Di Grassi memacu mobilnya pada balapan Formula E seri kesembilan Jakarta E-Prix 2022 di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai, gelaran Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (4/6/2022), mendapat sambutan positif dari masyarakat. Hal itu menandakan kesuksesan penyelenggaraan balap mobil listrik level internasional tersebut.

"Tone-nya coba dicek di publik tone-nya seperti apa, kan alhamdulillah positif artinya baik," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2022). Selain mendapat respons positif, lanjut dia, indikator kesuksesan Formula E juga dapat dilihat dari proses, peserta, dukungan hingga kehadiran sejumlah pejabat pemerintah pusat yang menyaksikan langsung balapan Formula E di Ancol.

Riza juga mempersilahkan masyarakat atau tokoh publik berpendapat terkait kritikan Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha Djumaryo yang menyebut penyelenggaraan Formula E masih jauh dari sukses. Menurut dia, yang paling penting adalah sinergi membangun Jakarta agar sejajar dengan kota lain di dunia.

"Kalau ada yang berpendapat lain silakan saja. Yang penting bagi Pemprov, mari bangun Kota Jakarta sebaik mungkin agar sejajar dengan kota dunia lainnya," ucapnya.

 

Riza menegaskan, tidak ada kepentingan politik di Formula E, melainkan komitmen mendukung program langit biru Jakarta. "Tidak ada kepentingan politik, jadi jangan dibawa-bawa semua program ada kepentingan politik. Tidak ada hubungannya sama Formula E," tutur Riza.

Dia menjelaskan, misi penting penyelengaraan Formula E mendukung udara bersih Jakarta dan transformasi teknologi. Pemprov DKI, kata Riza, sudah memulai dengan armada bus Transjakarta yang sudah berbahan bakar listrik ada 30 unit dan rencananya ditambah menjadi 100 unit tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement