Jumat 03 Jun 2022 12:22 WIB

Masjid Al-Ukhuwah Bandung Gelar Sholat Ghaib untuk Eril

Sholat ghaib disertai doa bersama yang akan dilakukan oleh ASN Kota Bandung.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) dan keluarga Ridwan Kamil sepakat menggelar shalat gaib untuk Eril.
Foto: Istimewa
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) dan keluarga Ridwan Kamil sepakat menggelar shalat gaib untuk Eril.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung akan menggelar sholat ghaib, Jumat (3/6/2022) sore untuk Emmeril Khan Mumtaz yang akrab disapa Eril anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Eril dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss, Kamis (26/5/2022) lalu. Sholat haib disertai doa bersama yang akan dilakukan oleh aparatur sipil negara (ASN) Kota Bandung.

Kepala Diskominfo Kota Bandung Yayan A Brilyana mengatakan pelaksanaan sholat ghaib akan dilakukan setelah sholat Jumat. Selanjutnya doa bersama akan dilaksanakan setelah sholat asar di Masjid Al-Ukhuwah Bandung.

Baca Juga

"Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana Bandung akan menggelar sholat ghaib dan doa bersama," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (3/6/2022).

Ia mengajak masyarakat yang akan mengikuti sholat ghaib bisa bergabung di Masjid Al Ukhuwah atau menyelenggarakan di masjid-masjid terdekat.

Sebelumnya, keluarga Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan kalau putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang tenggelam di Sungai Aare Swiss, Kamis (26/5/2022) dinyatakan telah meninggal dunia atau wafat. "Innalillahi Wainnailahi Rajiun, Kulu nafsin daikotul maut, setiap mahluk yang hidup akan mengalami kematian," ujar Kakak Kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman kepada wartawan, di Gedung Pakuan, Jumat (3/5/2022).

Dari sisi keluarga, menurut Erwin, pihaknya sudah menyimak mengevaluasi seluruh proses secara mandiri. Secara ikhtiar, sudah maksimal berdasarkan kondisi yang ada. "Sekarang pemerintah Swiss sudah melakukan pencarian spesifik yakni mencari jenazah," katanya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) pun membuat surat edaran, menyerukan pada semua masyarakat agar menggelar sholat ghaib untuk Eril yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022). Surat edaran MUI Jabar tersebut, dibuat pada 2 Juni 2022 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum MUI Jabar, Rahmat Syafei dan Sekretaris Umum Rafani Achyar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement