Senin 30 May 2022 15:03 WIB

Moeldoko: Saya Menginginkan Pembangunan Papua Melompat

Moeldoko menekankan pentingnya kolaborasi seluruh lini dalam pembangunan di Papua.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melakukan kunjungan kerja di Biak Numfor Papua, Senin (30/5). Kunjungan ini menindaklanjuti pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, 20 Mei 2022.

“Kunjungan saya hari ini atas perintah Presiden. Untuk melihat secara langsung betapa besarnya potensi Biak secara geopolitik dan ekonomi. Dan sejak awal KSP konsisten mengawal perkembangan Papua khususnya Biak,” kata Moeldoko, dikutip dari siaran pers KSP.

Baca Juga

Moeldoko menyampaikan, ada empat agenda strategis Presiden Joko Widodo terkait percepatan pembangunan kesejahteraan Papua, khususnya di wilayah adat Seireri, yang mencakup kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, dan Waropen.

Keempat agenda tersebut yakni pembangunan potensi perikanan beserta sarana prasarana dan infrastruktur pendukung, pembangunan bandara antariksa, pembangunan ekonomi lokal, dan event internasional Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Untuk memastikan agenda-agenda strategis tersebut berjalan, Moeldoko menekankan pentingnya kolaborasi seluruh lini, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan jajaran TNI-Polri. Sehingga momentum ini bisa efektif dan optimal mewujudkan percepatan pembangunan di Papua, khususnya di Pulau Biak.

“Saya sendiri menginginkan pembangunan Papua melompat. Harus ada boosting untuk perkembangan pendidikan, kesehatan, dan lainnya karena Presiden concern terhadap hal ini. Untuk itu butuh kolaborasi dari semua pihak,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga mengingatkan pemerintah daerah agar benar-benar memanfaatkan dana otsus untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

“Saya minta itu dijaga benar-benar untuk kepentingan masyarakat. Dan anda jangan merasa sendiri. Karena sepertiga pekerjaan kami di Pusat untuk Papua,” kata Moeldoko.

Usai menyampaikan arahan, Moeldoko didampingi Deputi V Kepala Staf Kepresidenan RI Jaleswari Pramodhawardani melihat langsung lokasi-lokasi strategis untuk pengembangan potensi kelautan dan perikanan serta pengembangan kekuatan pertahanan keamanan yang bisa mendukung terlaksananya pembangunan kesejahteraan Papua di wilayah Biak Numfor.

“Tadi saya lihat betapa besarnya potensi Biak. Tinggal bagaimana sekarang kita menyatukan kekuatan untuk mengembangkan potensi tersebut, baik geopolitik maupun ekonominya,” ujar Moeldoko.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letjend TNI I Nyoman Cantiasa, Panglima Komando Opersi III TNI AU Biak Marsma TNI Samsul Rizal, Kabinda Papua Mayjend TNI Gustav Agus Irianto, dan jajaran Forkopimda Biak Numfor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement