Jumat 06 May 2022 15:49 WIB

One Way dan Contraflow di Tol Mulai Diberlakukan

Rencananya one way akan diberlakukan hingga 8 Mei 2022.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Esthi Maharani
Berdasarkan diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah dan contraflow yang diberlakukan hari ini, Jumat (06/5/2022).
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Berdasarkan diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah dan contraflow yang diberlakukan hari ini, Jumat (06/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah dan contraflow yang diberlakukan hari ini, Jumat (06/5/2022). Rencananya one way akan diberlakukan hingga 8 Mei 2022.

"One way dari kilometer 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai kilometet 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (6/5/2022).

Selain one way, Dwimawan mengatakan contraglow juga mulai diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Contraflow dua lajur diterapkan dari kilometer 47 sampai kilometer 28+500 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 14.00 WIB.

Dwimawan menjelaskan, lemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah timur) telah steril. "Sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah timur Jalan Tol Trans Jawa dari Cikampek sampai Semarang," ungkap Dwimwan.

 

Dia menuturkan, pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Cirebon dan Jawa Tengah dapat melalui jalur alternatif yaitu keluar GT Karawang Barat kilometer 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke Jalan Raya Klari - Kosambi - Cikampek - Simpang Jomin - Pantura.

Sedangkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Bandung masih dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Jalan Tol Cipularang dengan melalui jalur alternatif, salah satunya yaitu dengan keluar GT Karawang Barat kiloemter 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke jalan non tol hingga Purwakarta, masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Dwimawan meminta masyarakat selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Dia meminta pengguna jalan dalam memastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik, dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement